Lagi Ngetrend, Gowes di Sela Pandemi. Sudah Tahu Etikanya?

Aktivitas bersepeda kembali marak digemari. Hampir di seluruh kota, ada peningkatan jumlah pengguna sepeda di jalan raya. Tak hanya sebagai sarana olahraga, bahkan ada yang menggunakan sepeda sebagai transportasi untuk menuju ke tempat tujuan. Hanya saja, kondisi jalanan tak lagi sama dengan zaman dulu. Itulah sebabnya, pemerintah menerapkan beberapa hal baru dalam berkendara di jalan raya.

Ada beberapa aturan dan rambu yang harus diperhatikan bila kamu memutuskan untuk mulai mengayuh sepedamu di jalan raya, Dears. Hal ini Selain bertujuan untuk menjaga keselamatan diri sendiri serta orang lain selama bersepeda, dan juga supaya manfaat dari bersepeda didapatkan secara maksimal.

Jalur Khusus

Sumber upradio.id

Hampir semua ruas jalan sudah menyediakan jalur khusus untuk para pengguna sepeda. Ini dimaksudkan agar pengguna sepeda tetap terjaga keselamatannya, juga untuk menjaga ketertiban berlalu lintas. Namun, bila belum terdapat jalur khusus sepeda, usahakan untuk tetap berada di lajur paling kiri agar tidak menganggu kendaraan yang lain, ya, Dears.

Hindari Bersepeda Berdampingan

 

Saat bersepeda hindari berjalan berdampingan dengan pesepeda lainnya. Hal ini akan mempersempit lajur bagi pengguna kendaraan lain dan pastinya membahayakan. Karena akan memakan banyak tempat, hingga sampai di tengah jalan. Berjalanlah secara beriringan dalam satu baris tanpa saling berusaha mendahului antara pesepeda satu dan yang lain.

Hormati Pejalan Kaki

foto: pexels.com

Fungsi utama trotoar adalah diperuntukkan untuk para pejalan kaki, jadi usahakan tidak menggunakannya sebagai jalur bersepeda. Hal ini akan menganggu pejalan kaki dan merampas hak pedistrian. Bila memang terpaksa melaju di jalur pedistrian, usahakan tidak mengayuh sepeda dalam kecepatan tinggi karena akan membahayakan pengguna lainnya. Kuncinya saling menghormati, ya.

Taati Rambu

 

Penting dan wajib bagi semua pengguna jalan untuk mematuhi peraturan serta rambu yang telah ditetapkan. Tujuannya agar tercipta ketertiban, keamanan, dan tidak menyusahkan pengguna jalan yang lain. Tertib berlalu lintas, tak hanya bertujuan untuk melindungi orang lain, yang utama adalah untuk melindungi diri kita sendiri, Dears.

Kenakan Peralatan Lengkap

Gambar oleh Vane Monte dari Pixabay

Lengkapi sepedamu dengan rem yang berfungsi baik, bel, lampu, atau keranjang bila memang sering membawa barang. Aksesoris yang komplit akan membantumu saat berkendara dan menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari. Bila perlu, kenakan helm, pelindung siku dan lutut. Sekali lagi, hal ini bertujuan menjaga keselamatanmu, Dears.

Trend menggunakan sepeda merupakan tanda positif karena berdampak baik bagi kesehatan. Selain membuat tubuh lebih banyak bergerak sehingga meningkatkan metabolisme tubuh, bersepeda juga merupakan salah satu cara mengurangi polusi. Bila tubuh lebih sehat dan kondisi lingkungan menjadi lebih bersih, penyakit tak mudah datang dan bersarang di tubuh kita, ya, Dears. Ketika kita menjaga alam, maka alam akan menjadi lebih bersahabat. Jadi, selamat menggowes sepeda dan bertambah sehat!

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *