Kurangi Gorengan Saat Buka Puasa, yuk! Ini Alasannya

Gorengan memang mengundang selera. Menjelang berbuka puasa, aneka gorengan banyak dijual di pinggir jalan. Mulai pisang goreng, tahu isi, singkong dan ubi goreng, lumpia, dan masih banyak macam gorengan lainnya.

Semua makanan yang melalui proses penggorengan dan direndam dalam minyak panas tentu sangat nikmat saat dimakan. Terlebih gorengan biasanya memiliki tekstur yang renyah, sehingga akan terasa garing dan bikin ketagihan saat digigit.

Saat berbuka puasa, makan gorengan apalagi berlebihan ternyata tidak baik, lho, Dears. Mau tahu alasannya? Ini dia.

1. Mengandung Banyak Minyak

Aneka gorengan umumnya digoreng dengan minyak banyak dan panas. Sayangnya, tidak semua minyak dari gorengan yang kita konsumsi adalah minyak berkualitas baik. Terlebih gorengan yang dijual di pinggir jalan. Penjual jarang mengganti minyaknya meski sudah hitam. Ini berbahaya bagi tubuh. Minyak yang sudah dipakai berkali-kali akan jadi sarang untuk perkembangbiakan berbagai jenis bakteri. Selain itu, juga jadi sumber radikal bebas. Radikal bebas akan ikut terserap ke dalam makanan yang digoreng dan masuk ke dalam tubuh dan menyerang sel-sel dalam tubuh dan menjadi karsinogen.

2. Meningkatkan Risiko Berbagai Penyakit Kronis

Terlalu banyak gorengan tidak saja menyebabkan radang tenggorokan, tatapi juga serangan jantung dan diabetes.

3. Menyebabkan Kegemukan

Bagi yang diet, sering dianjurkan menghindari gorengan. Hal ini karena makanan yang digoreng tentu mengandung kalori yang lebih banyak daripada yang tidak goreng. Secara otomatis, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh pun akan semakin banyak. Demikian pula bagi yang berpuasa. Gorengan membuat ketagihan dan melupakan diet.

4. Mengganggu Pencernaan

Kandungan lemak dalam minyak yang ada pada gorengan membuat gorengan sulit dicerna, terutama ketika gorengan menjadi makanan pertama yang dimakan setelah puasa. Coba kamu bayangkan, Dears! Ketika perut kosong setelah puasa seharian, perut harus mencerna lemak yang ada pada gorengan. Hal ini membuat saluran pencernaan bekerja lebih keras untuk dapat mencerna lemak tersebut. Karena sulit untuk dicerna, proses untuk mencerna gorengan akan memakan waktu lama serta dapat mengganggu dan menghambat saluran pencernaan untuk mencerna zat gizi lainnya.

Itulah bahayanya mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Semoga membuat kita lebih menjaga kesehatan ya, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *