Kulit Jadi Flawless, Ini 5 Tips Merawat Wajah Agar Bebas dari Komedo

Selain jerawat, komedo juga menjadi salah satu masalah kulit yang banyak dialami wanita. Meskipun tidak terlalu terlihat seperti jerawat, namun komedo yang membandel juga bisa merusak penampilan. Selain itu menghilangkan komedo juga susah-susah gampang. Ada beberapa cara agar komedo hilang dari wajah, simak yuk tips perawatan wajah berikut ini. Punya wajah flawless bukan halangan lagi, deh!

1. Bersihkan wajah secara rutin

Pict by, Dokter Sehat

Salah satu faktor utama yang membuat komedo muncul pada wajah adalah debu dan kotoran yang menempel pada kulit. Debu ini akan bercampur dengan minyak kemudian mengendap di dalam pori-pori, dan menjadi komedo.

Oleh karena itu, kalau ingin punya kulit yang bebas dari komedo, kamu harus rajin membersihkan wajah. Kalau perlu lakukan teknik double cleansing supaya debu dan kotoran bisa terangkat secara maksimal.

2. Lakukan eksfoliasi

Pict by, IDN Times

Membersihkan wajah dengan facial foam biasanya hanya mampu untuk menghapus debu dan kotoran di area luar. Hal ini yang membuatmu juga membutuhkan eksfoliasi untuk deep cleansing wajahmu agar benar-benar bersih. Kamu bisa menggunakan masker eksfoliasi buatan sendiri dengan mencampurkan madu dan gula. Atau bisa juga gunakan skincare khusus untuk exfoliate yang bisasanya mengandung butiran halus yang berfungsi untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel diwajah. Sesuaikan juga dengan kondisi kulit kamu, ya! Bila kulit sedang sensitif dan berjerawat, pilihlah masker exfoliate yang gentle agar tidak menyebabkan iritasi.

3. Gunakan clay mask atau charcoal mask dalam perawatan mingguanmu

Pict by, BAOMOI.COM

Skincare lain yang bisa kamu coba untuk menghilangkan komedo adalah masker berbahan clay (tanah liat) atau charcoal. Masker dengan jenis ini bisa membantu membersihkan wajah dari kotoran yang berpotensi menjadi komedo. Kamu bisa gunakan masker ini 1-2 kali dalam seminggu. Jangan lupa aplikasikan moizturizer setelahnya agar kulit tidak kering.

4. Lindungi kulit menggunakan sunscreen dengan kandungan oil-free

Pict by, Iyaa.com

Penggunakan sunscreen menjadi hal wajib untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, buat kamu yang punya tipe kulit berkomedo, mulailah cermat dalam memilih sunscreen. Tabir surya yang berlabel oil-free dan non-comedogenic bisa jadi pilihan yang tepat karena sifatnya yang tidak menyumbat pori-pori akan sangat cocok buat jakian yang punya tipe kulit berkomedo.

5. Hindari kosmetik dan makeup yang bersifat comedogenic

Pict by, Kompas.com

Bukan hanya debu, makeup yang kamu kenakan sehari-hari juga berpotensi menyumbat pori-pori yang bisa berkembang menjadi komedo. Beberapa kosmetik yang berpotensi menyumbat pori-pori antara lain produk yang mengandung talc seperti bedak, alkohol, paraben, silicon, dan minyak kelapa.

Sekarang sudah tau kan cara merawat kulit berkomedo di atas? Semoga tips di atas bisa membantu membuatmu mendapatkan kulit flawless bebas komedo. Semoga bermanfaat.

 

Featured image: Photo by  Pixabay on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *