Kuliner Berbahan Dasar Mi dari Kepulauan Riau Ini Rasanya Endezz Banget, Bikin Kamu Ketagihan

Kuliner berbahan dasar mi merupakan salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Mi yang berbahan dasar dari tepung ini sering juga dikonsumsi sebagai makanan pengganti nasi. Mi pun cukup mudah diolah, tinggal digoreng atau direbus lalu diberi bumbu dan bahan pelengkap seperti sayur, bakso, telur, ayam, udang, mi pun siap untuk disantap.

Selain itu mi juga dapat diolah dengan variasi lain sehingga menjadi kuliner yang memiliki cita rasa yang berbeda. Dears, jika kamu penggemar mi, ada beberapa kuliner berbahan dasar mi dari Kepulauan Riau yang bisa kamu coba!: 

Mi Lendir

Foto: travel.detik.com

Ini adalah salah satu variasi kuliner berbahan dasar mi yang sangat digemari di daerah Kepulauan Riau. Tidak hanya untuk masyarakat di daerah tersebut, ternyata Mi Lendir Kepulauan Riau ini juga dikenal sampai ke daerah-daerah lainnya. Mi Lendir merupakan mi kuning yang direbus, kemudian ditambahkan kuah yang terbuat dari kacang tanah, ubi jalar yang dihaluskan, dan sedikit tepung kanji atau bisa juga tepung maizena, sehingga menghasilkan kuah khas yang berlendir. Dan sebagai pelengkap Mi Lendir diberi tauge, potongan telur rebus, irisan cabai rawit, seledri dan bawang goreng. Aroma harum campuran seledri dan bawang gorengnya yang khas akan mengundang selera bagi yang menghirupnya.

Mi Tarempa

Foto: ksmtour.com

Sesuai dengan namanya mie yang satu ini berasal dari daerah Tarempa atau Anambas, sebuah daerah yang ada di Kepulauan Riau. Mi Tarempa merupakan mi berbentuk pipih yang dapat diolah menjadi basah, lembab dan kering. Uniknya Mi Tarempa dimasak dengan suwiran ikan tongkol sebagai pelengkap selain tauge dan telur. Mie Tarempa biasa disajikan dengan rasa yang pedas, namun jika kamu tidak terlalu suka pedas dapat mengurangi porsi cabainya saat memasak Mi Tarempa tersebut.

Mi Laksa

Foto: Selerasa.com

Kuliner yang satu ini terbuat dari tepung sagu dengan tekstur yang agak tebal, kenyal dan warna yang agak bening. Mi Laksa dapat diolah sebagai Mi Laksa goreng ataupun kuah. Mi Laksa Kuah biasanya menggunakan kuah kari yang olahannya dicampur dengan ikan yang dihaluskan. Ikan yang biasa digunakan di antaranya yaitu ikan teri, tamban dan tongkol salai. Rasa kuah kari bercampur ikan menghasilkan rasa yang sangat lezat.

Mi Goreng Ekonomis

Foto: Pegimakan.id

Kalau mendengar namanya kuliner ini terkesan sangat sederhana. Memang ada benarnya karena Mi Goreng Ekonomis ini hanya berupa mi kuning yang digoreng bersama kecap, telur, tauge dan lobak. Kalau soal rasa, mau pedas atau agak manis tinggal dibuat saja sesuai keinginan. Walaupun mi goreng ini diolah sangat sederhana tetapi rasanya cukup menggunggah selera dan banyak yang meminatinya.

Bagi penggemar mi tentu akan suka menikmati berbagai variasi olahan mi. Walau sama-sama berbahan mi, soal rasa pasti memiliki sensasi kelezatan yang berbeda, bukan? Bagaimana, Dears? Kalau kamu berkunjung ke Kepulauan Riau jangan lewatkan, ya, mencicipi salah satu kuliner tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *