Keutamaan Puasa Sunah di 10 Hari Bulan Zulhijah, Kamu Sudah Tahu Belum, Dears?

Bulan Zulhijah, bulan terakhir di tahun Islam, adalah bulan dengan berbagai keistimewaan. Dikenal dengan bulannya untuk para jamaah haji, umat Islam yang sedang menjalankan Rukun Islam kelima. Lebaran Iduladha, atau lebaran haji jatuh pada tanggal 10 Zulhijah setiap tahunnya. Selain itu, pelaksanaan ibadah kurban adalah keistimewaan lainnya yang dimiliki oleh bulan ini.

Dears, selain anjuran untuk berkurban, umat muslim pun dianjurkan melaksanakan puasa sunah 9 hari di bulan Zulhijah. Untuk kamu yang tidak berhalangan puasa, sebaiknya melaksanakan ibadah puasa ini, karena terdapat banyak keutamaan bagi yang menjalankannya.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi :

“Berpuasa pada siang harinya sama dengan berpuasa selama satu tahun dan salat pada malam harinya sama nilainya dengan mengerjakan salat pada malam lailatul qadar.”

(HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Baihaqi).

Puasa sunah pada tanggal 1 sampai 7 Zulhijah dinamakan puasa sunah Zulhijah. Sedangan puasa pada hari ke-8 dinamakan puasa sunah Tarwiyah, puasa pada hari ke-9 dinamakan puasa sunah Arafah.

Lalu, apa saja ya, Dears, keutamaan melakukan puasa sunah di bulan Zulhijah? Yuk, kita simak!

Hari Pertama

Allah mengampuni Nabi Adam ‘alaihissalam di Arafah, yang maknanya, Allah juga mengampuni dosa-dosa orang yang berpuasa di hari ini.

Hari Kedua

Doa Nabi Yunus ‘alaihissalam dikabulkan Allah dan kemudian dikeluarkan dari perut ikan Nun. Maknanya, doa orang berpuasa di hari ini juga akan dikabulkan oleh Allah.

Hari Ketiga

Doa Nabi Zakaria meminta keturunan dikabulkan oleh Allah. Maknanya, doa orang yang berpuasa di hari ini juga akan dikabulkan oleh Allah.

Hari Keempat

Hari kelahiran Nabi Isa, memiliki makna bahwa orang yang berpuasa di hari ini akan mendapat keberkahan dan dijauhkan dari kesusahan.

Hari Kelima

Hari kelahiran Nabi Musa ‘alaihissalam, memiliki makna, orang yang berpuasa di hari ini akan diangkat derajatnya dan dijauhkan dari sifat munafik serta siksa kubur.

Hari Keenam

Allah membukakan pintu kebaikan bagi para Nabi. Maknanya bagi yang berpuasa di hari ini, Allah akan memandang dengan penuh rahmat dan kasih sayang-Nya.

Hari Ketujuh

Bagi orang yang berpuasa di hari ketujuh, akan dibukakan pintu kemudahan dan dihindarkan dari pintu kesukaran.

Adapun keutamaan puasa sunah Tarwiyah yang dilakukan pada tanggal 8 Zulhijah adalah dosanya satu tahun yang lalu akan terhapuskan. Umat muslim juga akan diberikan keberkahan hidup dan dilipatgandakan amal ibadahnya.

Sementara, melaksanakan ibadah sunah puasa Arafah, tanggal 9 Zulhijah, Allah akan mengampuni dosa tahun lalu dan dijaga untuk tidak melakukan dosa atau maksiat di tahun yang akan datang.

Keutamaan tersebut juga tertuang dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah al-Anshar:

“Dan Rasulullah SAW ditanya tentang berpuasa di hari Arafah. Maka, baginda bersabda, “Ia menebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang…”

(HR Imam Muslim)

Wah, begitu banyak, ya, keutamaan puasa di 10 hari pertama bulan Zulhijah. Untuk kamu yang berkesempatan melakukannya, jangan sampai terlewat ya, Dears.

Semoga kita semua mendapat keberkahan di bulan Zulhijah ini. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *