Ketika Harus Serumah dengan Orang Tua Setelah Menikah

Dears, hidup bahagia adalah harapan setiap pasangan dalam berumah tangga. Kesiapan menghadapi segala situasi berpengaruh besar pada ketahanan diri. Berbagai masalah rumah tangga datang silih berganti, baik yang berhubungan dengan pasangan, maupun dengan anak. Sudah selayaknya setiap diri belajar tegar menghadapi setiap masalah yang muncul. Salah satu yang berpotensi menjadi konflik adalah tinggal serumah dengan orang tua.

Masalah dalam berumah tangga semakin terasa kompleks, bila ada pihak ketiga, misalnya orang tua. Keterlibatan orang tua dalam keluarga bisa bermanfaat bila tindakan dan ucapan mereka konstruktif. Namun bisa menambah keruwetan bila tindakan dan ucapan mereka destruktif.

Terlebih lagi bila harus tinggal serumah dengan orang tua ya, Dears. Memang, semestinya setiap pasangan punya tempat tinggal sendiri. Visi hidup, gaya hidup, dan pola pikir orang tua seringkali berbeda dengan kita karena memang beda generasi. Tapi karena suatu alasan dan keadaan tertentu, kadang mengharuskan kita tinggal serumah dengan mereka.

Bagaimana bila harus tinggal serumah dengan orang tua? Mari kita perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Hadirkan Rasa Ikhlas

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menghadirkan rasa ikhlas dalam hati dan menerima kenyataan harus tinggal dengan orang tua adalah ketentuan Allah. Keikhlasan adalah modal utama sekaligus kekuatan kita menghadapi orang tua yang memang gampang-gampang susah, ya, Dears.

2. Sarana Meraih Pahala

Jadikan hari-hari membersamai orang tua ssbagai sarana meraih pahala. Bukankah tidak semua orang berkesempatan memiliki banyak waktu dengan orang tua, terutama ketika mereka berusia lanjut.

3. Bersabar di Segala Kondisi

Tinggal serumah dengan orang tua membuat kita dihadapkan pada kondisi yang tidak menentu. Kadang menyenangkan, kadang pula tidak menyenangkan. Kita dituntut untuk selalu bersabar.

4. Berlapang Dada dan Mengambil Hikmah

Setiap situasi tentu mengandung hikmah. Tinggal serumah dengan orang tua mengharuskan kita selalu berlapang dada dan terus belajar mengendalikan emosi.

5. Tegas Membentengi Anak-anak

Bersikap tegas terhadap anak-anak agar tidak mendapat akibat yang kurang baik karena tindakan dan ucapan kakek dan nenek mereka sangat perlu dilakukan. Hal ini penting, karena seringkali kita berbeda pola pikir dengan mereka.

6. Menyampaikan Kebenaran dan Kebaikan dengan Cara yang Tepat

Orang tua seringkali mudah tersinggung dan sulit menerima perbedaan. Tak perlu ragu menyampaikan kebenaran apapun resikonya. Sampaikan dengan santun dan penuh hormat. Berikan argumen dengan penuh kasih sayang bila mereka membantah.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, semoga tinggal serumah dengan orang tua menambah barokah dalam rumah tangga kita. Insya Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *