Kenali Manfaat Mentimun, Buah Biasa dengan Kandungan Luar Biasa

 

Mentimun termasuk dalam jenis buah-buahan tropis dan banyak tumbuh di daratan Indonesia. Mentimun tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga memberikan efek positif terhadap kecantikan dan perawatan diri. Selain mengandung 95% air yang bermanfaat sebagai penawar racun dalam tubuh , terdapat kandungan gizi lainnya seperti vitamin A, B2, B6, C, D dan kandungan mineral seperti kalsium, potasium, magnesium, dan asam folat. Selain vitamin dan mineral, mentimun juga mengandung serat.

Tahukah kamu bahwa kandungan mineral pada mentimun dapat mencegah risiko penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker kolon, kanker ovarium, kanker payudara, dan kanker verbal leher rahim.
Berikut adalah beberapa manfaat luar biasa untuk kamu yang hobi mengonsumsi buah ini.

1. Mengontrol Tekanan Darah dan Baik untuk Jantung

Mentimun mengandung magnesium dan potasium yang membantu tubuh mengontrol tekanan darah. Kalium memegang peranan penting sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi sel. Selain itu, mentimun mampu merawat sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung. Kandungan serat di dalam mentimun membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan jantung.

2. Melancarkan Buang Air Kecil dan Pencernaan

Kandungan diuretik pada mentimun bermanfaat sebagai penyaring dan pembuangan racun yang terlarut dalam air seni. Kandungan silikon, fluorin, kalium dan serat mampu membantu kerja ginjal, sehingga kamu akan terhindar dari penyakit kerikil ginjal dan kencing batu. Selain itu, kandungan serat dan air dalam mentimun mampu melancarkan pencernaan pada tubuh, sehingga tubuh terhindar dari sembelit.

3. Membuat Tubuh Terhidrasi

Dears, manfaat luar biasa dari mengonsumsi mentimun lainnya, yaitu menjaga tubuh tetap terhidrasi. ini karena mentimun mengandung 95,2% air. Kandungan vitamin C di dalam mentimun juga mampu menyembuhkan gangguan verbal dan pernapasan, juga menyembuhkan sariawan. Jika kamu bosan minum air putih, coba tambahkan mentimun ke dalamnya sehingga memberikan rasa baru dan pastinya lebih segar.

4. Mengembalikan Kandungan Vitamin

Pada mentimun terdapat kandungan vitamin A, B6, B1 dan C, asam folat dan magnesium, yang membantu mengatasi penyakit rematik dan asam urat, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asal kamu tahu, mengonsumsi mentimun tanpa mengupas kulitnya akan membuatmu mendapatkan kandungan vitamin C 12% lebih banyak.

5. Membantu Pertumbuhan Kuku dan RambutĀ 

Kandungan silikon dan belerang dalam mentimun akan membantumu memiliki rambut dan kuku yang berkilau dan sehat. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi mentimun membantu pertumbuhan kuku dan rambut.

6. Menghilangkan Bengkak di Sekitar Mata

Mentimun mampu mengatasi mata bengkak karena kurang tidur, atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Selain itu, sifat inflamasi yang dimiliki mentimun bermanfaat untuk menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata atau istilah kerennya mata panda. Caranya cukup mudah, letakkan dua potong buah mentimun di atas mata tertutup dan biarkan selama beberapa menit.

7. Penurun Kadar Kolesterol

Manfaat terakhir jika kamu mengonsumsi mentimun adalah adanya kandungan mineral berupa sterol yang mampu menekan pertumbuhan dan perkembangan kadar kolesterol jahat pada tubuhmu.

Ternyata banyak sekali manfaat mengonsumsi mentimun, ya, Dears. Mulai sekarang jangan ragu lagi menyediakan buah sederhana ini di rumahmu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *