Kenali Bahaya Penyakit Hepatitis A yang saat Ini Sedang Mewabah

Berita akhir-akhir ini, baik di televisi maupun di media online banyak yang membahas mengenai penyakit Hepatitis A. Bahkan, saking banyaknya orang yang terkena penyakit ini, sampai disebut sebagai KLB atau kejadian luar biasa.

Perlu diketahui nih, Dears, jika penyakit Hepatitis itu ada lima jenis. Kelima jenis penyakit ini di antaranya, yaitu Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, Hepatitis D dan Hepatitis E. Dua di antaranya, yaitu Hepatitis A dan E sangat mudah ditularkan dari pola hidup yang kurang bersih.

Penyakit ini ditularkan oleh virus, sehingga jika terdapat kontak dengan inang tempat berkembangnya si virus ini, maka seseorang akan dengan mudah terinfeksi virus Hepatitis ini. Virus ini juga memiliki agen penularannya masing-masing karena jenisnya yang berbeda-beda. Nah, untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkat mengenai virus Hepatitis A ini ya, Dears.

Pemicu Hepatitis A

Foto: foxnews

Sebelum membahas lebih detail mengenai suatu penyakit, sebaiknya kenali penyebabnya terlebih dahulu agar lebih berhati-hati. Untuk pemicu penyakit Hepatitis A, biasanya disebabkan dari makanan, minuman, sumber air, bahkan kotoran yang telah terinfeksi virus Hepatitis A.

Gejala yang Sulit Diketahui

Foto: Pexels

Sedangkan untuk gejalanya sulit untuk diketahui, pasalnya hanya dianggap sebagai reaksi keracunan ringan akibat makanan karena berupa mual dan muntah. Memang gejala awalnya seperti itu, namun selalu ada gejala pendukung yang menjadi ciri khas jika terinfeksi virus Hepatitis A.

Penularan yang Sering Terjadi

Foto: Pexels

Dikarenakan penyakit ini bersumber dari virus, maka penularannya pun sangat mudah. Makanan, minuman atau sumber air yang terbuka sangat mudah dihinggapi berbagai bakteri, virus, ataupun lalat yang bertindak sebagai vektor penyakit. Oleh karenanya, konsumsilah makanan atau minuman yang bersih dan tertutup.

Selain itu, virus Heatitis A juga bisa ditularkan melalui hubungan seksual terutama anal seks. Hal itu sejalan dengan faktor pemicunya yang berasal dari kotoran atau feses. Untuk itu, berhati-hatilah saat berhubungan seksual agar bisa memutus rantai penularan penyakit Hepatitis A.

Pencegahan Penyakit Hepatitis A

Foto: Pexels

Untuk pencegahan bisa dilakukan vaksinasi Hepatitis A. Selain itu, dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS bisa dipastikan sangat kecil untuk terjangkit penyakit seperti Hepatitis A. Sedangkan untuk pengobatannya, jika masih dalam kategori ringan, cukup rehidrasi akibat cairan yang hilang, itu sudah cukup. Bisa juga diberikan cairan intravena jika kondisinya memburuk.

Itulah beberapa hal dasar yang wajib diketahui perihal penyakit Hepatitis A. Meski terlihat sepele, namun jika sudah parah bisa memperburuk organ hati karena tidak bekerja semestinya dan bisa mengancam nyawa seseorang. Untuk itu, harus lebih berhati-hati jika ingin mengonsumsi makanan atau minuman di tempat jualan yang belum tahu benar kebersihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *