Kenali 7 Fakta Mengenai Bola-Bola pada Bubble Drink, Sehatkah?

Dears, apakah kamu pencinta bubble drink/bubble tea? Minuman kekinian yang berasal dari Taiwan ini memiliki cita rasa yang unik, karena terdapat bola-bola kenyal yang menyegarkan di dalamnya.
Lalu, terbuat dari apakah sebenarnya bola-bola kenyal tersebut dan apakah baik bagi kesehatan jika dikonsumsi? Berikut ulasannya!

1. Bola-Bola pada Bubble Drink Terbuat dari Tepung Tapioka


Minuman yang sedang hits ini banyak digemari karena bola-bola kenyalnya. Bola-bola kenyal ini ternyata terbuat dari campuran tepung tapioka, pewarna makanan dan air hangat. Kemudian, adonan tersebut dibentuk menjadi bola-bola kecil, lalu direbus.

2. Untuk Menambah Cita Rasa, Bola-Bola Diberi Tambahan Sirup atau Air Gula agar Lebih Manis


Pada dasarnya, bola-bola pada bubble drink/ bubble tea tidak berasa alias tawar. Untuk itu, pada penyajiannya, bola-bola tersebut diberi tambahan sirup atau air gula agar manis.

3. Tepung Tapioka Berkurang Energinya saat Menjadi Bola-Bola

Mengenai kandungan energi, tepung tapioka yang sudah dibentuk menjadi bola-bola kenyal ini berkurang kandungan energinya. Jika tadinya dalam 50 gram tepung tapioka terkandung energi sebanyak 180 kkal, setelah menjadi bola-bola energinya berkurang menjadi 120 kkal.

4. Mengandung Beragam Nutrisi, Namun Jumlahnya Sedikit


Dalam bola-bola bubble drink ternyata mengandung beberapa nutrisi, antara lain 50 gram karbohidrat; 0,2 gram protein; 0,6 miligram natrium; 6,2 miligram kalium; 1,8 gram gula; dan 0,6 gram serat. Sedangkan kandungan vitamin dan mineralnya sangat sedikit, sehingga tidak cukup untuk memengaruhi kesehatan tubuh.

5. Manfaat Bola-Bola dalam Bubble Drink Tidak Jauh Berbeda dengan Tepung Tapioka Biasa


Manfaat kesehatan yang terdapat pada bola-bola tapioka ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari tepung tapioka itu sendiri. Jika dilihat dari fakta mengenai kandungan nutrisi pada bola-bola bubble drink, keunggulan nutrisi pada bola-bola kenyal ini justru terdapat pada gula dan karbohidrat kompleksnya.

6. Kandungan Kalorinya Perlu Diwaspadai


Minuman yang sedang menjadi primadona di kalangan remaja ini tidak mengandung lemak sama sekali. Namun, campuran sirup dan gula sebagai bahan tambahannya membuat minuman ini termasuk minuman yang memiliki kalori tinggi. Hal inilah yang harus diwaspadai, karena jika terlalu banyak mengonsumsinya tentu tidak baik untuk kesehatan.

7. Bola-Bola Tapioka Ini Berbahaya jika Dikonsumsi Berlebihan


Bola-bola tapioka pada bubble drink/ bubble tea memang bermanfaat sebagai sumber energi tubuh, karena kandungan gula dan karbohidratnya. Namun, jika bola-bola ini dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Dilansir dari jurnal National Center for Biotechnology Information (NCBI), konsumsi bola-bola pada bubble drink secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas.

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi sesuatu secara berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh ya, Dears. Daripada mengonsumsi bubble drink secara berlebihan, lebih baik kamu memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *