memeluk anak

Jarang Memeluk Anak? Ubah, Yuk, karena Efeknya Sangat Dahsyat!

Memeluk merupakan hal yang harus dibiasakan mulai sekarang, nih, Dears. Sebab, pengaruh positifnya besar untuk tumbuh kembang si buah hati. Berpelukan bukan hanya sekedar bersentuhan fisik saja, ya. Namun, ada keterlibatan emosional dalam aktivitas ini.
Setiap hari, kita selalu berinteraksi dengan buah hati. Mulai dari membangunkan, memandikan, menyuapi, menemaninya bermain, hingga mengantar mereka tidur lagi. Namun, tak banyak di antara kita yang terbiasa memeluk si kecil. Padahal, tersimpan banyak manfaat yang luar biasa dari sebuah tindakan kecil ini. Setidaknya ada 5 manfaat hebat, sebuah pelukan bagi tumbuh kembang buah hati.

Membuat Lebih Sehat


Saat si kecil terbiasa dipeluk, oksitosin, yang merupakan hormon cinta akan sering pula diproduksi oleh tubuh. Hal ini membuat sistem imunitas tubuh bekerja lebih baik. Oksitosin juga bermanfaat untuk menekan hormon tiroid dan mengurangi rasa sakit, sehingga sistem syaraf menjadi lebih seimbang. Sering-seringlah memeluk si kecil agar mereka lebih sehat, ya.

Membuat Percaya Diri


Pelukan akan membuat anak-anak memiliki rasa diterima, disayang dan dicintai. Perasaan ini akan membuat si kecil tumbuh menjadi pribadi yang mempunyai rasa percaya diri. Memeluk juga merupakan upaya memberikan energi positif kepada buah hati. Dan pastinya, akan membantu dalam mengoptimalkan potensi terbaik mereka.

Memiliki Emosi Stabil


Si kecil yang sering berpelukan, lebih bisa berempati, mudah mengerti, dan mampu mengatur emosinya. Pelukan yang tulus dan rutin dilakukan, akan membuat tubuh memproduksi hormon endorfin lebih banyak. Hormon ini berfungsi untuk mengurangi ketegangan syaraf dan menurunkan tekanan darah. Nah, anak akan lebih mudah mengatasi gejolak emosinya, Dears.

Mengurangi Stres dan Kecemasan


Hormon atau zat kimia tertentu di dalam otak, dapat dilepaskan melalui pelukan. Salah satunya adalah oksitosin. Lebih sering berpelukan, akan membuat hormon ini semakin banyak diproduksi, sehingga buah hati tidak mudah tertekan dan merasa cemas. Oksitosin sangat ampuh menurunkan tingkat stres, melawan kecemasan, dan memberikan rasa bahagia, lo.

Membuat Lebih Pintar


Untuk membuat anak menjadi pintar, perlu stimulasi tepat agar otaknya sehat dan kuat. Salah satu caranya dengan memeluk, Dears. Berpelukan bisa membuat otak lebih berkembang dan memaksimalkan kerjanya. Kondisi ini membantu buah hati lebih mudah mempelajari sesuatu sehingga membuatnya semakin pintar.

Pribadi yang hangat, memiliki empati, sangat percaya diri, dan smart akan memudahkan si kecil dalam menghadapi tantangan kelak saat dewasa. Berawal dari hal yang sederhana bisa memberikan dampak besar. Yuk, Dears, mulai membiasakan memeluk anak-anak sejak sekarang. Cukup sediakan waktu 20 detik saja, setiap hari, untuk memeluk mereka, dan lihat betapa hebat manfaat yang akan didapatkan.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *