Jangan Minder Karena Kulit Gelap, Dears. Justru Kamu Beruntung. Ini Dia Faktanya

Ukuran kecantikan seorang perempuan selalu dilihat dari kulitnya yang putih. Sebaliknya, perempuan dengan kulit gelap dianggap kurang menarik. Sehingga begitu banyak jenis perawatan dan produk kecantikan yang menawarkan hasil kulit putih.

Apalagi yang sering dilihat dan diidolakan adalah mereka para public figure yang berkulit putih. Pantas, makin banyak perempuan yang sangat ingin memiliki kulit putih. Sampai-sampai harus melakukan segala jenis perawatan untuk mendapatkan kulit putih dalam waktu singkat.

Lebih parahnya lagi jika perawatan yang dilakukan ternyata tidak aman. Bukan kulit putih yang didapat, malah datang penyakit yang mengerikan. Sayang banget kan, Dears? Padahal jika mau mencari tahu, kulit gelap itu justru memiliki banyak keuntungan dibanding kulit putih lho. Nggak percaya? Simak nih penjelasannya.

Rendah Risiko Kanker Kulit

Tahukah kamu, Dears apa yang menjadi penyebab kanker kulit? Adalah sinar matahari yang terlalu banyak meresap dalam kulit. Dan tahukah kamu siapa orang yang paling beresiko terkena penyakit yang mematikan ini? Iya, dialah orang dengan kulit putih. Karena kulit putih tidak mempunyai banyak pigmen penghitam kulit atau melanin.
Sedangkan orang dengan kulit gelap, yang mempunyai banyak pigmen penghitam kulit, akan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit kanker kulit ini. Karena pigmen tersebut bertugas menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Sehingga tidak akan banyak sinar matahari yang terserap oleh kulit gelap.

Awet Muda Lebih Lama

Siapa bilang perempuan berkulit gelap tidak nampak menarik? Justru mereka yang berkulit gelap bisa awet muda lho, Dears. Lagi-lagi kadar melanin yang tinggi pada kulit gelap bisa mencegah kerusakan jangka panjang yang bisa menyebabkan penuaan dini.
Selain itu pada kulit gelap, kandungan collagen lebih tebal sehingga kulit lebih mampu memerangi kerusakan jaringan. Hal ini berdampak pada kulit yang bisa elastis lebih lama dan bebas kerutan. Inilah yang menjadikan orang berkulit gelap nggak gampang terlihat cepat menua.

Memiliki Tulang yang Lebih Kuat

Kulit gelap terbukti lebih baik dalam hal penyerapan kalsium. Ini dikarenakan banyaknya jumlah pigmen yang dimiliki kulit gelap hingga mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari.
Kalsium sendiri dibutuhkan tulang untuk tetap kuat. Dengan kata lain, memiliki kulit gelap dapat meminimalisir resiko osteoporosis yang bisa membuat tulang keropos bahkan rusak.

Menangkal Kerusakan Sistem Saraf

Pigmen melanin dalam kulit gelap juga memiliki manfaat lebih baik untuk menghindarkan kulit dari pengaruh radikal bebas. Radikal bebas ini sangat berbahaya, bisa mengakibatkan kerusakan sistem saraf pusat yang berefek pada pembengkakan dan iritasi pada otak, juga sumsung tulang belakang. Selain itu radikal bebas juga bisa mengakibatkan banyak penyakit berbahaya lainnya karena kekurangan antioksidan dalam kulit.

Memiliki kulit gelap tidak selalu berarti kekurangan dalam diri kita. Karenanya tidak terlalu perlu sekuat tenaga mengubahnya menjadi putih hanya karena ingin dikatakan cantik. Kulit gelap pun juga bisa nampak cantik asal dirawat dengan baik dan nampak sehat.

Sumber Foto: Tokopedia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *