Jangan Biarkan THR Menguap Begitu Saja, Susun Prioritas untuk Memaksimalkan Manfaatnya

Wah, bulan Ramadan sebentar lagi. Salah satu hal yang paling ditunggu di bulan Ramadhan adalah ‘THR’ atau Tunjangan Hari Raya. Jumlahnya yang lumayan membuat kita mendambakannya segera berada di tangan. Apalagi ada perusahaan yang membayar THR karyawannya sebesar dua kali gaji bulanan. Hemm… asyik ya, Dears!

Sayangnya, besarnya THR berbanding lurus dengan kebutuhan hari raya. Rasa senang tersebut berlangsung tak begitu lama, karena tanpa disadari, uang sebanyak itu menguap begitu saja. Kalau semua kebutuhan sudah terpenuhi, rasanya sih tak masalah juga. Tapi bagaimana, ya, kalau uangnya sudah tak ada, sedangkan kewajiban belum terpenuhi semuanya?

Jangan sampai hal itu terjadi ya, Dears. Rencanakan pengeluaranmu dengan seksama. Susunlah anggaran untuk memperbesar manfaatnya. Kamu bisa ikuti cara di bawah ini.

Sisihkan untuk Ditabung

Menabung di awal itu lebih mudah daripada di akhir. Ketika THR diterima, langsung pindahkan sebagian ke rekening khusus tabungan. Jangan sampai kecolongan, THR pergi tanpa pamitan. Anggaran menabung itu sekitar 20% sampai 30%.

Bayar Kewajiban Kita

Selanjutnya, sisihkan untuk membayar THR asisten rumah tangga, supir, dan lainnya. Jangan sampai mendahukan kepentingan pribadi di atas hak-hak orang lain yang sudah bekerja pada kita.

Melunasi Sebagian Utang

Jika kita masih punya utang, tidak ada salahnya dilunasi sebagian dari dana THR. Kapan lagi kita bisa mendapat uang bonus seperti itu. Dengan menganggarkan pelunasan sebagian, utang kita jadi lebih ringan.

Siapkan Dana untuk Sedekah

Jangan lupa, siapkan dana untuk orang tua, mertua, saudara, keponakan, dan orang-orang yang membutuhkan. Bukankah Rasulullah Saw pernah bersabda: “Tidaklah berkurang harta yang disedekahkan”?

Belanja Kebutuhan Pribadi dan Keluarga

Belanja menjadi prioritas terakhir agar tak kalap mata, karena tanpa disadari, ini adalah penyebab utama habisnya anggaran kita. Rencanakan dengan pasti berapa anggarannya. Jangan lupa, bawa uang sesuai anggaran saja. Bayar pakai uang tunai dan disiplin agar tak khilaf berbelanja.

Nah, Dears, semoga tips di atas bermanfaat dan THR dapat digunakan dengan tepat, sehingga kondisi keuanganmu semakin sehat. Hidup jadi lebih tenang dan bahagia. Selamat menyambut bulan Ramadan, ya! Semoga keberkahan dapat kita terima. Aamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *