Jangan Abaikan Ini! Perhatikan Perawatan Mudah dan Alami untuk Kuku Bebas Kusam

Dears, perawatan kuku menjadi hal yang sering diabaikan, padahal kuku yang sehat dan mengilap merupakan salah satu penunjang penampilan. Kuku yang kusam menjadi masalah yang sering dialami dan hal ini menandakan jika kuku perlu perawatan untuk mengembalikan warna alami kuku.

Kuku terbentuk dari zat keratin yang mengeras dan merupakan bagian dari tulang yang tumbuh, mulai dari ujung jari. Kulit di bawah kuku mengandung banyak pembuluh darah kapiler, sehingga kuku tampak berwarna kemerahan.

Ciri-ciri kuku yang sehat, yaitu bertekstur halus tanpa lubang dan galur-galur pada permukaannya. Jika kukumu kusam, hal ini pertanda bahwa kukumu kekurangan nutrisi, karena kuku yang sehat berwarna merah muda, tidak ada bintik-bintik putihnya, serta mengilap dan tidak kusam.

Pemakaian cat pewarna kuku atau menghias kuku dengan nail art menjadi salah satu cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan kuku yang terlihat cantik dan mengilap. Namun, perlu diketahui bahwa bahan kimia yang terkandung di dalam cat kuku justru akan membuat kuku menjadi kusam.

Dears, kandungan zat kimia seperti pewarna dan formaldehid sebagai zat pengeras cat kuku dapat menyebabkan rusaknya zat keratin pada kuku, sehingga menyebabkan kuku kuning dan kusam. Selain melakukan perawatan pedikur dan manikur, kamu juga dapat mencoba perawatan mudah dan alami berikut untuk mendapatkan kuku yang sehat dan bebas kusam.

1. Hilangkan Kusam pada Kuku dengan Jeruk Lemon

Foto: Pixabay.com

Kandungan vitamin C dan asam yang tinggi pada air jeruk lemon ternyata dapat menghilangkan kusam pada kuku. Selain itu, lapisan lilin alami yang terdapat pada kulit jeruk lemon juga dapat digunakan untuk membuat kuku menjadi kilap. Caranya, peras jeruk lemon, lalu ambil airnya, kemudian gunakan bagian kulit jeruk lemon sebagai spon untuk menggosokkan air jeruk lemon pada kuku.

2. Gunakan Masker Alpukat pada Kuku

Foto: Pixabay.com

Kuku yang kusam bisa jadi pertanda bahwa kuku kekurangan nutrisi. Alpukat dengan kandungan nutrisinya yang tinggi, seperti vitamin A, B, B2, B2, D, E, betakarotin, pottasium dan antioksidan, dapat digunakan untuk menutrisi kuku agar sehat dan bebas dari kusam. Aplikasikan alpukat dengan menghaluskan daging buah alpukat, lalu oleskan pada kuku. Gunakan pasta alpukat secara rutin selama 15-20 menit per minggu.

3. Rendam dengan Air Susu

Foto: Pixabay.com

Selain baik digunakan untuk perawatan kulit, susu ternyata juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan kuku agar tidak kusam. Caranya sangat mudah. Rendam kuku dalam cairan susu selama 15 menit, lakukan secara rutin minimal 3 kali dalam satu bulan. Dijamin, warna jernih alami kukumu akan terjaga.

4. Bawang Putih

Foto: Pixabay.com

Selain digunakan sebagai bahan pelengkap dalam memasak, bawang putih juga bermanfaat untuk membuat kuku mengilap dan bebas kusam. Kandungan selenium yang terdapat pada bawang putih juga berfungsi untuk menyokong pertumbuhan kuku. Selain itu, bawang putih juga terkenal dengan kandungan antioksidannya yang dapat membunuh racun di dalam kuku sehingga kuku sehat dan bebas kusam.

Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan bebas kusam, kamu juga perlu menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, ya. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan banyak mengandung kalsium dapat membantu untuk pertumbuhan kuku yang sehat, tidak mudah rapuh dan kering.

Perawatan alami dan sederhana di atas dapat kamu coba, Dears. Namun, kamu juga perlu menjaga kebersihan kuku dengan cara rutin mengguting kuku, membersihkan kotoran yang menempel pada bagian dalam kuku, serta rajin mencuci tangan untuk menjaga kesehatan kuku agar terhindar dari kuman dan bebas kusam. Selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *