Jadi Karyawan Kantor? Kamu Wajib Tahu Jenis Komunikasi Kantor yang Digunakan

Orang awam mungkin sangat familiar dengan jenis komunikasi lisan-tulisan atau komunikasi verbal-non verbal, terlebih bagi yang memilih jurusan komunikasi untuk pendidikan di universitasnya. Jenis komunikasi tersebut memang banyak digunakan, bukan hanya dalam dunia kerja namun juga menjadi jenis komunikasi yang banyak digunakan dalam pergaulan.

Namun tahukah kamu, jika komunikasi kantor tidak terbatas pada dua jenis komunikasi umum di atas. Meski tidak jauh dari jenis komunikasi lisan dan tulisan, namun ternyata ada beberapa jenis komunikasi kantor, di antaranya:

Komunikasi atas ke bawah – bawah ke atas

Komunikasi atas ke bawah atau top down, merupakan jenis komunikasi antara atasan terhadap bawahannya. artinya pengirim pesan memiliki kedudukan struktural yang lebih tinggi dibandingkan penerima pesan, sederhananya jenis komunikasi ini antara bos dan bawahannya.

Sedangkan komunikasi bawah ke atas atau bottom up, merupakan jenis komunikasi dari bawahan ke atasan atau dengan kata lain merupakan komunikasi dari struktural yang lebih rendah. Lebih sederhananya komunikasi ini dilakukan oleh bawahan terhadap atasan, seperti komunikasi anggota tim dengan ketuanya. Biasanya jenis komunikasi ini berisi laporan pertanggungjawaban, laporan pekerjaan, laporan pelaksanaan kegiatan, atau lainnya.

Komunikasi instruksi

Jenis komunikasi ini bagian dari komunikasi top down, tujuannya untuk memberikan perintah dari atasan kepada bawahannya. Dengan adanya jenis komunikasi ini, bawahan akan tahu harus mengerjakan apa saja saat berada dalam kantor. Mahasiswa komunikasi di universitas Mercubuana atau lainnya pasti sangat paham dengan jenis komunikasi ini.

Komunikasi vertikal – horizontal

Jenis komunikasi vertikal terjadi jika ada komunikasi dari bawah ke atas dan atas ke bawah secara bersamaan, atau terjadi dalam waktu berdekatan. Jenis komunikasi ini banyak terjadi dalam sebuah kantor. Sedangkan komunikasi horizontal merupakan kebalikan dari komunikasi vertikal, biasanya dilakukan antara komunikan yang memiliki kedudukan sama di kantor. Intinya, jenis komunikasi horizontal terjadi antara sesama karyawan atau rekan kerja yang kedudukannya sama.

Komunikasi lisan – tulisan

Komunikasi lisan dan dilakukan dengan media lisan, dilakukan melalui percakapan langsung. jenis komunikasi ini didasarkan pada media penyampaian pesan tersebut, dalam hal ini dalam bentuk lisan (masuk kategori komunikasi kantor yang banyak digunakan sehari-hari oleh karyawan). Sedangkan untuk komunikasi tulisan, media penyampaiannya berupa media tulisan.

Biasanya dilakukan pada mereka yang sulit untuk ditemui atau  untuk mengkomunikasikan sebuah gagasan pada khalayak luas namun dengan waktu terbatas. Untuk jenis komunikasi kantor sendiri, komunikasi tulisan bisa berubah bentuk memo atau laporan.

Komunikasi non verbal

Mahasiswa jurusan komunikasi pasti tidak asing dengan jenis komunikasi satu ini, Komunikasi non verbal. Pada dasarnya, komunikasi jenis ini merupakan komunikasi yang dilakukan oleh hampir semua orang yang ada di dalam kantor. Jenis komunikasi yang tidak memperdulikan struktur serta posisi dalam sebuah kantor.

Komunikasi koordinasi

Komunikasi koordinasi merupakan jenis komunikasi yang berdasarkan pada sifat, merupakan jenis komunikasi yang dilakukan untuk melakukan koordinasi. Biasanya jenis komunikasi ini dilakukan oleh orang yang  berkedudukan tinggi di sebuah perusahaan, namun orang-orang yang berkedudukan sama (komunikasi horizontal) juga bisa melakukan jenis komunikasi ini.

Komunikasi organisasi pada khalayak – khalayak pada organisasi

Komunikasi organisasi pada khalayak merupakan jenis komunikasi yang digunakan ketika berhubungan dengan orang lain yang berada di luar barisan perusahaan atau organisasi. Intinya, jenis komunikasi ini dilakukan oleh pihak kantor terhadap masyarakat atau kelompok lain yang berada diluar anggota perusahaan tempatnya bekerja.

Sedangkan untuk jenis komunikasi hal yang pada organisasi merupakan kebalikannya, komunikasi ini dilakukan dari khalayak terhadap perusahaan. Jenis komunikasi ini bisa dianggap sebagai komunikasi pasif, artinya pihak kantor menerima pesan dan tidak berperan sebagai komunikator.

Komunikasi rapat

Komunikasi ini dilakukan saat rapat berlangsung, artinya komunikasi ini didasarkan pada tempat komunikasi dan bukan siapa yang berbicara atau mendengarkan pembicaraan tersebut. Jenis komunikasi ini biasanya berlangsung hampir setiap hari, tergantung pihak kantor seberapa sering melakukan rapat. Bagi yang sering mengikuti kegiatan organisasi kampus Mercubuana atau kampus lainnya, jenis komunikasi rapat tentu sudah tidak asing lagi. Untuk penerapannya sendiri, jenis komunikasi ini tidak memiliki perbedaan mencolok bagi dalam organisasi kampus maupun kantor.

Komunikasi motivasi

Komunikasi ini bertujuan untuk memotivasi anggota kantor agar mau dan mampu bekerja keras seoptimal mungkin. Jenis komunikasi ini biasanya dilakukan oleh ketua atau atasan terhadap bawahannya, tujuannya agar bawahan yang bisa mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki untuk pekerjaan yang dilakukan.

Komunikasi laporan

Mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi pasti sudah sering membuat laporan untuk tugas bukan, ternyata jenis komunikasi satu ini juga digunakan di wilayah perkantoran. Tujuan jenis komunikasi ini adalah untuk menyampaikan hasil pekerjaan, kegiatan, serta berbagai aktivitas pekerjaan lainnya kepada atasan. Dengan adanya komunikasi laporan, maka atasan bisa mengetahui apakah pekerjaan yang diperintahkannya dilaksanakan dengan baik atau tidak.

Selain berbagai jenis komunikasi yang telah disebutkan di atas, anak jurusan komunikasi khususnya pasti tahu bahwa jenis komunikasi kantor masih ada lagi jenisnya seperti  Komunikasi memo, Komunikasi pers, Komunikasi pelayanan, Komunikasi kehumasan, Komunikasi pemasaran, dan Komunikasi data. Untuk mengetahui detail pengertiannya, kamu bisa mencari informasinya di berbagai buku komunikasi atau bisa membaca artikel di berbagai website yang berhubungan dengan program studi Ilmu Komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *