Introver Tampil di Depan Umum? Tak Masalah Jika Tahu Trik Berikut Loh

Dears, benarkah jika orang dengan kepribadian introver cenderung menutup diri dari lingkungan pergaulan dan enggan jika diminta tampil di depan umum?

Kepribadian introver memang menyukai kesendirian dan menjadi cara paling ampuh ketika menghadapi masalah. Introver bisa dibilang tidak suka keramaian apalagi menjadi pusat perhatian banyak orang. Kalaupun dituntut untuk berada di keramaian pastinya sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak merasa grogi dan nervous berlebih.

Untuk kamu para introver yang tak sengaja diminta untuk tampil di depan umum pasti sudah tahu sensasinya. Campur aduk tidak karuan dan berpikir apa yang akan dilakukan ketika menjadi pusat perhatian banyak orang. Berikut trik untuk kamu para introver yang akan tampil di depan umum baik untuk presentasi maupun sebagai moderator atau pembicara disebuah event.

1. Ketahui Sasaran Audien

Cara pertama untuk mempersiapkan diri adalah dengan mengetahui sasaran audien sebelum benar-benar tampil di depan umum. Peran audien penting untuk diperhatikan sekaligus tidak terlalu penting untuk dijadikan alasan penampilan kurang maksimal. Untuk audien yang seumuran atau di bawah kita, pastinya rasa gugup saat berbicara tidak terlihat. Sedangkan jika audiennya orang yang lebih tua, harus tetap dikontrol cara berbicara dan gestur saat berbicara. Akan tetapi tidak perlu dipikirkan terlalu jauh, karena pada dasarnya jika menguasai materi dan peran yang akan dibawakan tidak akan terpengaruh siapapun audiennya. Asalkan tetap memperhatikan etika saat berbicara.

2. Berlatih Sendiri di Depan Cermin

Untuk siapapun, tidak harus seorang introver. Berlatih di depan cermin memang satu cara yang efektif untuk berlatih sebelum berhadapan dengan orang lain dalam kondisi formal atau semiformal. Dengan seperti itu bisa mengetahui secara langsung kekurangan kita dalam menyampaikan materi yang disampaikan dan memperbaikinya tanpa ditegur oleh orang lain. Selain itu dengan berlatih di depan cermin setidaknya bisa mengurangi rasa grogi karena hanya diri sendiri yang memperhatikan.

3. Berlatih Minimal 3 Hari Sebelum Acara

Bagi yang sudah terbiasa menjadi moderator atau selalu tampil di depan, mungkin hanya butuh latihan 1 hari sudah bisa menampilkan secara maksimal di sebuah acara. Akan tetapi berbeda halnya jika seorang introver. Setidaknya mereka harus bisa menguasai kegugupan yang ia alami dan menyesuaikan dengan audien yang ada dihadapannya. Minimal 3 hari latihan sudah bisa tampil maksimal saat tampil di depan umum jika serius dalam berlatih.

4. Catat Poin Penting yang Disampaikan

Memiliki sticky note untuk menunjang saat berbicara tidak ada salahnya. Agar apa yang ingin disampaikan sesuai dengan yang diharapkan. Karena terkadang akibat gugup dan kurang percaya diri pikiran jadi blank dan bingung apa yang akan disampaikan selanjutnya. Sehingga membawa catatan kecil untuk poin penting yang akan disampaikan tidak ada larangan untuk melakukannya.

5. Tunjang dengan Penampilan yang Menarik

Penampilan dipercaya mampu untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang saat bertemu dengan orang lain. Oleh karena itu usahakan untuk berpenampilan yang menarik dan tetap sopan agar kepercayaan dirimu bertambah sebelum kamu berhadapan dengan para audien.

6. Berdoa untuk Dilancarkan dalam Berbicara

Tak ada salahnya dengan berdoa, meski hanya untuk sebuah presentasi bahkan presentasi di kelas sekalipun. Dengan berdoa meminta untuk dimudahkan dan dilancarkan lisan saat berbicara dan audien diberikan cepat paham. Sehingga baik diri sendiri maupun audien merasa puas dengan penampilan kita.

Kepribadian introver tidak harus menjadi penghalang seseorang dalam mendapatkan banyak pengalaman. Justru harus berani mengambil kesempatan untuk menambah pengalaman melakukan hal-hal yang berlawanan dengan kepribadian si introver. Asalkan mau berlatih dan percaya bahwa diri sendiri bisa melakukannya, pasti akan merasa puas ketika sudah bisa menaklukan hal-hal yang sebelumnya dianggap tidak nyaman oleh si introver ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *