Intip 5 Tips Public Speaking Ini Agar Perhatian Audiens Tertuju Padamu

Dears, tampil di depan audiens dalam rangka berbicara di depan umum (public speaking) memang terlihat sebagai hal yang sepele. Namun, aktivitas tersebut ternyata bisa menjadi hal yang berat bagi beberapa orang, apalagi untuk mereka yang jarang tampil ke depan.

Seringkali kita dituntut harus melakukan aktivitas public speaking, baik untuk tugas belajar, pekerjaan, ataupun dalam kehidupan sosial. Tak terkecuali bagi seorang perempuan, seringkali dihadapkan pada situasi seperti ini. Nah… untuk kamu yang masih sering grogi jika harus tampil di depan umum, yuk, simak 5 tips yang bisa membuatmu mendadak mencuri perhatian audiens.

1. Siapkan Mental

Benar sekali, mental adalah hal pertama yang harus kita persiapkan sebelum tampil di depan umum. Miliki rasa percaya diri yang tinggi, bahwa apa yang akan kita sampaikan nanti adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh audiens. Jangan pelihara rasa minder dalam diri sehingga membatasi potensi. Semakin sering tampil di depan publik, maka lama kelamaan kamu akan terbiasa untuk melakukannya. Mulailah kegiatan ini dari komunitas terkecil yang kita kenal lebih dahulu.

2. Siapkan Materi

Seseorang yang akan berbicara di depan umum pasti memiliki topik yang akan dibicarakan. Wajib kuasai materi terlebih dahulu sebelum kamu tampil di depan publik ya, Dears, sehingga nanti tidak akan kehabisan bahan untuk berbicara.

3. Atur Napas

Pengaturan napas juga penting ketika seseorang akan berbicara di depan umum. Ambil napas dalam dan hembuskan secara perlahan untuk mengurangi perasaan khawatir. Setelah tenang, mulailah untuk berbicara. Jangan lupa, selama berbicara selalu atur napas agar tidak menganggu penyampaian materi.

4. Atur pembicaraan

Berlatihlah untuk membuat kalimat efektif sehingga penjelasan yang disampaikan tidak terkesan bertele-tele. Gunakan bahasa nasional dan rangkaikan kalimat dengan manis supaya lebih menarik perhatian.

5. Berkomunikasi dengan Audiens

Melakukan aktivitas public speaking, artinya kita sedang berkomunikasi dengan audiens. Ini dapat kita lakukan dengan cara menatap mata mereka ataupun dengan tersenyum. Ketika kita menyadari bahwa mereka ramah dan siap mendengarkan apa yang kita sampaikan, kita pun akan merasa percaya diri untuk mulai berbicara.

Bagaimana, Dears? Sedikit panduan di atas semoga dapat membantu kamu mengatasi rasa minder untuk tampil di depan umum, ya. Ingat bahwa bisa berawal dari terbiasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *