metode persalinan

Intip 3 Metode Persalinan Super Nyaman yang Bikin Para Bumil Nggak Parno Lagi Jelang HPL

Rasa takut banyak dialami para ibu ketika kehamilan mendekati HPL. Sebenarnya ini hal yang wajar, terlebih bagi mereka yang baru hamil anak pertama, Dears. Akan tetapi, jangan takut berlebihan, ya, Dears. Kekhawatiran maupun kecemasan berlebih justru bisa membuatmu stres dan daya tahan tubuh pun menurun. Padahal bersalin membutuhkan tenaga ekstra plus persiapan mental dan fisik matang. Umumnya ibu hamil melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin dibantu tenaga medis andal. Namun, kini beragam metode persalinan dapat kamu coba, lho, Dears. Ini bisa jadi alternatif selain melahirkan di rumah sakit.

Yes, bersalin merupakan fase yang pasti dialami setiap ibu hamil. Sehingga tidak perlu merasa was-was berlebihan, Dears. Tumbuhkan keberanian dan siapkan mental. Inilah tiga metode persalinan super nyaman yang bisa kamu pilih saat hendak melahirkan.

  1. Hypno Birth

Hypno birth atau hypno birthing merupakan metode persalinan dengan memakai teknik self hypnosis atau menghipnosis diri sendiri. Kekuatan sugesti positif adalah inti dari persalinan ini. Nah, untuk melakukan hypno birth, kamu harus kursus hipnosis terlebih dahulu. Nanti kamu akan mendapat latihan intens terkait cara mengurangi ketakutan dan stres melalui self hypnosis. Ketika melahirkan dengan hypno birth, kamu dalam kondisi sadar, tidak tertidur, hanya saja pola pikir yang diubah. Tidak melulu terpusat pada sakitnya melahirkan atau kontraksi. Hypno birth memungkinkanmu berada pada titik paling santai atau relaksasi mendalam. Perlu dicatat bahwa pikiran negatif justru akan membuatmu jadi tegang dan tubuh tidak bisa bekerja optimal tatkala melahirkan akibat otot-otot yang turut menegang. Ingin melakukan hypno birthing? Kamu harus sudah mulai ikut kursus saat kandungan menginjak usia 25-29 weeks, Dears. Pastikan pula pelatih hypno birthing bersertifikasi, ya.

  1. Water Birth

Metode persalinan berikutnya adalah water birth. Ini sudah bukan barang baru, ya, Dears. Banyak kalangan yang mengaku nyaman ketika melahirkan menggunakan metode ini. Konsep water birth adalah melahirkan menggunakan air hangat yang suhunya disesuaikan dengan suhu tubuh, biasanya antara 32-38 derajat celcius. Kamu bisa memilih duduk maupun jongkok, sesuai tingkat kenyamanan masing-masing. Nah, sebelum memutuskan hendak melahirkan dengan water birth, disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter atau bidan. Pastikan kamu memang dapat bersalin secara normal dan tidak terdapat faktor penyulit baik dari kamu atau bayimu. Metode water birth ini membuat tubuh lebih rileks layaknya berendam air hangat, Dears. Tidak heran bila rasa sakit akibat kontraksi akan berkurang, ya. Water birth biasanya dilakukan di rumah dengan pendampingan paramedis yang telah mengantongi sertifikat water birth.

  1. Home Birth

Home birth atau melahirkan di rumah bisa menjadi pilihan buatmu yang tengah mempersiapkan persalinan, Dears. Rumah yang notabene bukan lokasi asing, mampu membuatmu menjadi lebih nyaman dan rileks. Terlebih adanya dukungan dari kerabat dan sahabat yang turut mendampingi. Seolah ada suntikan “tenaga” buat para ibu hamil, ya. Persalinan ini tidak berisiko tinggi bagi bumil dan bayi, dengan catatan ibu tidak tengah mengandung anak kembar, fisik prima, tidak ada riwayat hipertensi maupun diabetes, kondisi kehamilan normal, tidak pernah operasi caesar, dan sudah pernah melahirkan sebelumnya.

Tubuh seorang wanita diciptakan begitu sempurna untuk bisa mengandung dan melahirkan. Maka ketika kamu stres, segala “perangkat” tubuh tidak akan berfungsi maksimal saat hendak melahirkan, Dears. Persiapan mental dan fisik wajib dilakukan para bumil. Semoga beberapa metode persalinan di atas bisa jadi pilihanmu untuk melahirkan super nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *