Inilah 7 Perbuatan Tak Terpikir, yang Bikin Pahala Sedekah Terukir

Sedekah adalah investasi masa depan yang selama ini tidak pernah ada ruginya. Benar tidak, Dears?

Namun dewasa ini, jika mendengar kata sedekah, yang ada dalam bayangan kita adalah memberikan uang kepada orang yang membutuhkan, berinfak di masjid dan sejenisnya. Pernahkah terfikir, sebenarnya banyak  perbuatan yang bisa kita lakukan dengan mudah, dan ada di sekeliling kita, tidak perlu biaya, namun bisa bikin pahala sedekah terukir.

Apa saja sih 7 perbuatan tak terpikir, yang bikin pahala sedekah terukir? Simak yuk, Dears!

1. Tersenyum

Siapa sih yang tidak bisa tersenyum? Tentunya semua bisa, ya! Siapa sangka, kalau tersenyum itu adalah sedekah, mudah, murah dan berpahala lagi. Sesuai dengan hadits Nabi yang berbunyi :

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ 

Artinya: Senyummu untuk Saudaramu adalah sedekah (H.R. Turmudzi).

Nah, masih pelitkah kamu tersenyum?

2. Mencuci Mukenah di Masjid/Musholla

Mencuci peralatan salat di masjid juga merupakan sedekah, loh, Dears. Pahalanya juga mengalir, karena menyenangkan semua orang yang memakainya untuk beribadah. Pahalanya ganda, pahala mencucikan dan pahala menyenangkan orang lain. Masya Allah, luar biasa.

3. Menyediakan Minuman di Jalan

Ketika sedang bepergian, pastilah kita merasakan haus. Betapa bahagianya jika dalam keadaan mendesak, tiba-tiba kita menemukan dus berisi air dengan label “GRATIS”. Itulah sebabnya, mengapa menyediakan air minum di jalan pahalanya berlipat. Pertama, pahala yang memberi. Kedua, pahala memudahkan dan menyenangkan hati orang lain.

4. Membuang Duri di Jalan

Membuang duri di jalan bukan hanya bernilai sedekah, tetapi bernilai pahala yang sangat besar. Seperti yang dijelaskan dalam hadits di bawah ini.

 

يَا رَ سُوْ لَ الله ِدُ لَّنِي عَلَى عَمَلٍ أَ نْتَفِعُ بِهِ قَالَ:اِعْزِلْ الْأَ ذَى عَنْ طَرِ يْقِ الْمُسْلِمِيْنَ

 

Wahai Rasulullah, tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang dapat bermanfaat bagiku.” Beliau menjawab, “Singkirkanlah gangguan dari jalan-jalan kaum muslimin.” (HR. Muslim, 13:49; Ibnu Majah, 11:78)

Yang dimaksud dengan gannguan-gannguan tersebut diantaranya adalah menyingkirkan duri dari jalan.

5. Membagikan Artikel/Tulisan tentang Kebaikan

Benarkah hanya membagikan artikel, tulisan tentang kebaikan bernilai sedekah? Benar sekali. Logikanya, ketika ada orang yang membaca artikel atau tulisan yang kita bagikan, setelah itu dia insyaf atau memiliki keinginan untuk berbuat kebaikan, maka artinya kita sudah bersedekah secara tidak langsung

6. Menata Sandal di Masjid

Menyenangkan dan memudahkan orang lain merupakan sedekah. Salah satu diantaranya adalah menata sandal di masjid. Sangat mudah sekali bukan? Karena tidak butuh biaya dan tidak menyita waktu untuk melakukannya.

7. Berdzikir

Dears, tentunya kamu tidak menyangka bukan, kalau ternyata berdzikir termasuk pekerjaan yang bernilai sedekah? Hal ini dikuatkan oleh hadits Nabi di bawah ini.

Dari Abu Zarr ra, Rasulullah SAW bersabda: “Setiap ruas tulang dari seseorang di antara kalian itu setiap paginya hendaklah memberikan sedekahnya, maka tiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah.

 

Bagaimana, Dears, masih merasa sulit untuk bersedekah? Tentu tidak, bukan? Tidak ada salahnya segera mempraktikkan 7 hal tak terpikir, yang bikin pahala sedekah terukir di atas, untuk menabung pahala di akhirat. Semoga bermanfaat, ya!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *