Inilah 5 Tradisi Unik di Bulan Ramadan dari Berbagai Belahan Dunia, No 2 Terkesan Ekstrem

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bulan ini merupakan momen bagi umat Muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Umat Muslim meyakini bahwa bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat karena segala amal ibadah yang dilaksanakan dengan sepenuh hati akan menuai pahala yang berlipat ganda.

Dears, selain bulan Ramadan diisi dengan kegiatan yang mengutamakan ibadah, ada beberapa tradisi unik yang hanya dilakukan di bulan Ramadan. Jika di Indonesia ada tradisi ngabuburit yang merupakan kegiatan yang dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa, di negara lain juga memiliki tradisi unik yang hanya ada khusus di bulan Ramadan saja. Inilah 5 tradisi unik di beberapa negara selama bulan Ramadan.

1. Mesaharaty di Yordania

Di Yordania ada tradisi unik membangunkan sahur dengan menggunakan suara drum. Orang yang bertugas membangunkan sahur inilah yang disebut “Mesaharaty“. Sebagai mesaharaty mereka membawa drum yang dipukul berkeliling. Mereka juga berteriak menyebutkan nama dari keluarga yang mereka bangunkan pada tiap-tiap rumah yang mereka kenal.

2. Midfa Al Iftar di Lebanon

Jika di Indonesia cukup dengan mendengarkan suara bedug sebagai penanda waktu berbuka puasa, di Lebanon waktu berbuka puasa ditandai dengan suara dentuman meriam.

Tradisi ini bermula sekitar 200 tahun yang lalu, ketika pemimpin negara Ottoman, Khosh Qadam, sedang mengadakan uji coba meriam baru. Namun tanpa sengaja Qadam menembakkannya sehingga terdengarlah suara dentuman yang sangat keras pada suatu sore hari menjelang matahari tenggalam. Bunyi suara dentuman meriam tersebut terdengar ke seluruh penjuru kota Kairo, Mesir. Penduduk Kairo mengira bunyi dentuman meriam tersebut adalah pemberitahuan waktunya berbuka puasa. Akhirnya mereka pun benar-benar menjadikan bunyi suara dentuman sebagai tradisi untuk penanda waktu berbuka puasa. Dan tradisi yang berawal dari Mesir itu, kemudian diikuti pula oleh negara lain seperti Lebanon dan Turki.

3. Mheibes di Irak

Inilah salah satu tradisi unik di Irak yang hanya ada di bulan Ramadan, yaitu berupa permainan seru yang dimainkan oleh 2 tim. Masing-masing tim terdiri dari 40-250 orang. Salah satu pemain harus menyerahkan cincin kepada anggota tim lainnya. Dan tim lawan harus menebak siapa yang menyembunyikan cincinnya. Sebuah permainan yang seru dan unik yang membuat suasana Ramadan jadi meriah.

4. Garangao di Qatar

Tradisi Garangao adalah tradisi yang dilakukan anak-anak di Qatar mulai hari ke 14 Ramadan. Selepas magrib anak-anak dengan berpakaian adat tradisional menyanyikan lagu tradisional Garangao.

Mereka akan berkeliling di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka sambil bernyanyi dengan memukul batu bersama-sama. Meskipun hanya batu yang dipukul-pukul namun menghasilkan suara yang cukup berirama dan merdu. Selanjutnya anak-anak tersebut akan diberi permen dan kacang-kacangan.

5. Fanous di Mesir

Saat bulan Ramadan tiba, penduduk Mesir akan menghiasi halaman rumah mereka dengan lentera yang di sebut fanous. Selain itu lentera fanous yang berwarna-warni juga akan terlihat tergantung sepanjang jalan menampilkan pemandangan yang indah di malam hari.

Fanous, selain sebagai ungkapan kegembiraan masyarakat Mesir dalam menyambut bulan Ramadan juga dianggap sebagai simbol sumber cahaya kehidupan manusia.

Demikianlah beberapa tradisi unik selama bulan Ramadan di berbagai belahan dunia yang membuat suasana bulan Ramadan terasa berbeda dari bulan-bulan yang lain. Menurutmu, mana yang paling seru dan menarik, Dears?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *