Inilah 3 Tipe Diabetes yang Perlu Kamu Ketahui

Diabetes adalah penyakit berbahaya yang terkadang tidak kentara bagi si penderitanya. Oleh karena itu, penyakit ini juga mendapat julukan pembunuh dalam diam. Diabetes telah berhasil menjadi pembunuh semua kalangan, baik anak kecil hingga orang yang sudah usia lanjut usia. Orang yang telah terjangkit penyakit diabetes, tidak boleh dibiarkan. Karena akan berakibat komplikasi, dan malah menyasar pada organ tubuh yang lain sebagai korban kerusakan.

Penyakit Diabetes Menyerang Akibat Gaya Hidup Kurang Sehat

Menurut penelitian dari IDF (International Diabetes Federation) tahun 2015, sebanyak 415 juta orang yang ada di seluruh dunia menderita penyakit diabetes, lalu Indonesia yang menderita sebanyak kurang lebih sepuluh juta. Dari data di atas dapat diketahui bahwa penyakit ini tergolong penyakit berbahaya yang sering menyerang manusia. Sehingga kita pun harus waspada. Pasalnya, penyakit ini menyerang tanpa ada tanda-tanda, lalu ketika sudah terjadi pada tingkat lumayan parah, baru terdeteksi.

Manusia di masa sekarang lebih suka dengan makanan yang siap saji ketimbang membuat sendiri dengan olahan yang lebih sehat. Hal ini merupakan salah satu faktor penyakit diabetes menyerang dan menggerogoti tubuh manusia. Orang yang tubuhnya mengalami obesitas lebih mudah terkena penyakit ini, walaupun di beberapa kasus, diabetes juga menyerang orang yang bertubuh kurus. Untuk dapat lebih mudah mengenali penyakit ini, ada beberapa tipe yang harus kamu ketahui, Dears.

Inilah 3 Tipe Diabetes

Kenali penyakit diabetes yang memiliki 3 tipe ini, agar kita menjadi lebih waspada menghadapinya.

Tipe 1

Diabetes tipe pertama adalah diabetes yang menyasar pada kaum anak-anak dan dewasa. Namun lebih didominasi oleh anak-anak. Pada tipe ini, diabetes terjadi karena pada tubuh manusia tidak dapat memproduksi hormon insulin (suatu hormon yang dapat mengatur gula darah). Diabetes pada tipe 1 tidak bisa dikenali tanda-tandanya, ia tiba-tiba muncul, oleh karena itu, kita menyarankan untuk mengatur pola hidup sehat sejak dini. Anak-anak bisa jadi terkena jika tidak dapat mengendalikan makanannya dengan baik, dan ajaklah mereka berolahraga, bermain hp berlama-lama bisa mengakibatkan kurang gerak pun menjadi salah satu faktor penderita diabetes.

Tipe 2

Diabetes tipe dua cenderung orang dewasa yang menjadi sasarannya. Diabetes ini adalah diabetes yang sering diderita manusia pada umumnya daripada diabetes tipe 1. Orang yang menderita diabetes pada tipe 2 masih bisa dikenali, karena terjadinya bertahap. Seperti diabetes tipe 1, untuk dapat mencegah agar tidak sampai menderita penyakit ini, harus jaga pola makan dan sering-sering berolahraga. Jika pada tipe 1, tubuh tidak bisa produksi insulin, pada tipe 2, masih bisa tetapi tidak memadai, sehingga kadar gula dalam tubuh menjadi tidak terkendalikan.

Tipe 3

Diabetes tipe tiga hanya orang yang sedang hamil yang menderitanya. Terjadinya karena hormon kehamilan, dan ibu hamil tidak perlu terlalu risau, namun harus terap menjaga pola makan jika telah menderita penyakit diabetes tipe 3, dapat menghilang seiring berakhirnya masa kehamilan. Ibu hamil tidak boleh membiarkan terus menerus dengan pola makan yang tidak baik, karena akan berpengaruh pada janin dan ibu ketika telah usai melahirkan.

Demikian info seputar diabetes yang perlu kamu ketahui, pada intinya, sebagai manusia kita tidak boleh makan dengan porsi yang berlebih dan makanan yang tidak sehat, selalu iringi dengan olahraga agar tubuh tetap seimbang. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *