Ini lho, Dears, Amalan yang Disunahkan Didahului dengan Wudu Sebelum Melakukannya

Dears, wudu merupakan cara bersuci yang paling ringan. Di dalam agama Islam, wudu merupakan syarat sah seseorang melakukan ibadah, misalnya untuk salat atau membaca Alquran. Salat beratus-ratus rakaat tanpa wudu, jelas percuma saja. Begitu pula dengan membaca berlembar-lembar halaman Alquran tapi tidak berwudu, mungkin akan berkurang pahalanya. Namun, sudah tahukah kamu bahwa ada juga amalan-amalan yang disunahkan didahului dengan wudu selain ibadah di atas?

Sebagai muslimah yang senantiasa ingin bertambah baik setiap harinya, kamu mesti tahu, ya, beberapa amalan yang disunahkan ini. Apa sajakah amalan yang dimaksud?

1. Saat Hendak Menyebut Asma Allah 

Ternyata, setiap saat sebelum menyebut asma Allah, kita disunahkan untuk berwudu lebih dulu, lho, Dears. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah. Bahwasanya ada seseorang yang berucap salam kepada Rasulullah saat beliau sedang berwudu, namun beliau tidak menjawab hingga wudunya selesai. Kemudian beliau bersabda, bahwa tidak ada yang menghalanginya untuk menjawab salam, kecuali karena beliau tidak suka menyebut asma Allah dalam keadaan tidak suci.

Namun demikian, Qatadah menyebutkan bahwa pendapat terbaik untuk hal ini adalah makruh membaca atau menyebut asma Allah tanpa bersuci terlebih dahulu.

2. Saat Menanggung Junub

Sebagai muslimah, kita disunahkan berwudu apabila sedang junub dan hendak melakukan hal-hal ini :

  • Berhubungan badan lagi dengan suami. Ini berdasarkan hadits yang menyatakan bahwa siapa yang mendatangi istri atau pasangannya dan berhubungan badan, kemudian ingin mengulanginya lagi, hendaknya lebih dahulu berwudu.
  • Apabila hendak tidur dalam keadaan masih menanggung junub, juga disunahkan berwudu dahulu.
  • Sebelum makan maupun minum dan masih dalam keadaan junub pun kita disunahkan untuk berwudu juga.

3. Saat Hendak Tidur

Amalan lain yang disunahkan untuk berwudu lebih dulu sebelum melakukannya adalah tidur. Sebagai muslimah, alangkah baiknya jika kita tidur dalam keadaan yang suci. Hal ini berdasarkan hadits riwayat Ahmad, Bukhari, dan Tirmidzi. Rasulullah menyebutkan, barang siapa yang mendatangi tempat tidur dengan wudu seperti wudu saat hendak salat, kemudian tidur dengan posisi miring ke sebelah kanan dan berdoa, maka jika orang tersebut meninggal di malam tersebut, ia dalam keadaan yang fitrah. Masya Allah, luar biasa, ya, Dears.

4. Saat Hendak Menunaikan Salat Meski Wudu Sebelumnya Masih Terjaga

Rasulullah senantiasa berwudu sebelum menunaikan salat, meski wudu beliau sebelumnya masih terjaga. Ini berdasarkan sabdanya yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah.

“Barang siapa berwudu sedang ia dalam keadaan suci (belum berhadats), maka ditetapkan baginya sepuluh kebaikan.”

Dears, itulah beberapa amalan yang disunahkan didahului dengan wudu sebelum kita melakukannya. Pada dasarnya, memelihara wudu juga merupakan amalan yang sering diabaikan, padahal bisa jadi itulah yang akan membuat kita mencium wangi surga. Jadi, yuk, kita istiqomahkan untuk menjaga wudu mulai dari sekarang! Semoga artikel ini bermanfaat ya, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *