Ingin Wajah Fresh Sepanjang Hari? Lakukan 7 Tips Mengontrol Minyak pada Wajah Berikut Ini!

Munculnya jerawat serta masalah kulit wajah lainnya merupakan hal yang sering ditakutkan para wanita. Biasanya tipe kulit wajah berminyak lah yang sering mengalami, terutama munculnya jerawat. Hal ini disebabkan karena debu dan kotoran akan mudah menempel pada wajah yang berminyak, dengan begitu jerawat pun akan mudah tumbuh jika kamu tidak rajin membersihkan wajah secara teratur.

Oleh karena itu, untuk menghindari munculnya masalah kulit pada wajah berminyak maka kamu perlu mengontrol sebum yang menghasilkan minyak. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengontrol minyak pada wajah. Yuk simak ulasannya!

  1. Membersihkan wajah dengan cleancing oil
Pict. by boutique.humbleandrich.com

Untuk mengontrol minyak pada wajah, kamu harus rajin membersihkan wajah dari kotoran dan debu. Salah satunya yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan cleancing oil, minyak pembersih wajah ini dapat mengurangi sebum pada wajah.

Kamu dapat mencoba jojoba oil yang dipercaya dapat mengobtrol sebum pada wajah dan dapat membuat minyak di kulit wajahmu seimbang.

  1. Menggunakan masker dua kali dalam satu minggu
Pict. by journal.sociolla.com

Menggunakan masker wajah merupakan salah satu perawatan wajah yang perlu dilakukan untuk kamu yang memiliki tipe wajah berminyak. Selain dapat menenangkan wajah, masker juga dapat membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran. Jika merasa bahan alami lebih baik maka kamu dapat membuat masker sendiri dirumah. Cobalah membuat masker dari buah pepaya, karena menurut penilitian pepaya ampuh melawan minyak dan bakteri pada wajah. Namun yang perlu diperhatikan, sebelum menggunakan masker alami kamu harus melakukan uji alergi terlebih dahulu.

  1. Memakai toner berbahan green tea
Pict. by hadibeauty.com

Untuk megontrol minyak pada wajah, kamu dapat mnggunakan toner karena fungsi dari toner adalah untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Gunakan toner yang mengandung green tea, karena anti-oksidan yang terkandung dalam green tea dapat mengontrol minyak di wajah. Selain itu, green tea juga dapat membuat kulit wajahmu lebih tenang.

  1. Lakukan eksfoliasi satu minggu sekali
Pict. by grid.id

Untuk mengontrol minyak pada wajah kamu perlu melakukan perawatan wajah berupa eksfoliasi. Perawatan wajah ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak pada wajah. Bahan alami seperti oatmeal dapat dipakai untuk eksfoliasi wajah tanpa takut kulit wajah menjadi kering. Kamu dapat menambahkan madu sebagai tambahan pada scrub outmeal kamu. Cukup lakukan seminggu sekali ya, jangan terlalu sering.

  1. Gunakan kertas minyak

 

Pict. by Alodokter

Jika kamu sedang menggunakan makeup dan produksi minyak pada wajah semakin tidak terkontrol, kamu dapat menggunakan kertas minyak untuk mengatasinya. Sebagian orang biasanya memakai bedak untuk menghilangkan minyak pada wajah. Namun, pemakaian bedak justru seringkali membuat makeup pada wajah terlihat cakey. Untuk itu, akan lebih aman menggunakan kertas minyak untuk menghilangkan minyak pada wajah.

  1. Makan makanan yang sehat
Pict. by lifestyle.lentera.co.id

Selain perawatan dari luar, untuk mengontrol minyak pada wajah juga perlu dilakukan perawatan dari dalam dengan cara memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Kamu harus banyak mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur dan menghindari makanan yang banyak mengandung minyak, karena makanan tersebut justru akan memperparah produksi minyak pada wajah kamu.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengontrol minyak pada wajah. Jika kamu rutin melakukannya, maka minyak pada wajah akan seimbang dan kamu pun dapat tampil fresh sepanjang hari. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *