Ingin Tetap Makan Mi di Bulan Ramadan? Aneka Mi Legendaris Berikut Sayang Kalau Dilewatkan

Bagi para penggemar mi, bulan puasa bukan berarti puasa makan mi. Menjalani puasa Ramadan memang makin semangat bila badan sehat, apalagi bila makan makanan kegemaran.

Aneka olahan mi dapat dengan mudah dibuat dengan mengambil resep dari Cookpad. Akan tetapi, dari sekian banyak varian mi, ada beberapa mi khas nusantara yang cocok dinikmati bersama keluarga dan para sahabat, baik waktu sahur maupun berbuka.

Apa saja pilihan mi khas nusantara yang menarik untuk disantap di bulan Ramadan?

1. Mi Aceh

Sumber: IG Mi Aceh Seulawah

Mi Aceh kini dapat dengan mudah kita dapatkan di semua daerah di Indonesia. Mi Aceh adalah masakan mi pedas khas Aceh yang mi-nya kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut, disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mi Aceh tersedia dalam tiga jenis, mi Aceh goreng, mi Aceh tumis dan mi Aceh kuah.

2. Mi Nyemek

Sumber: Fimela.com

Bakmi nyemek atau mi nyemek adalah bakmi rebus. Mi nyemek sebenarnya mirip dengan mi kuah, tetapi kuahnya lebih sedikit. Istilah nyemek sendiri berasal dari bahasa Jawa “sumpiuh” yang artinya tidak basah tidak kering. Kira-kira di antara mi kuah dan mi goreng. Mi nyemek banyak ditemukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

3. Mi Cakalang

Sumber: Indonesiakaya.com

Mi cakalang adalah mi kuah cakalang tradisional dari Manado, Sulawesi Utara. Mi kuah tersebut dikenal karena aroma ikan cakalangnya. Bahan-bahannya meliputi mi kuning, cakalang, caisim, kubis, cabai, daun bawang, bawang merah dan bawang putih.

4. Mi Celor

Sumber: Reseptina.com

Ciri khas dari Palembang ini adalah kuah mi-nya kental dan gurih karena perpaduan santan, terigu, kuah kaldu, udang, juga telur di dalamnya. Mi ini mendapat julukan spageti ala Indonesia karena menggunakan mi kuning berukuran besar dan berbentuk lurus panjang seperti spageti. Cita rasa seafood-nya juga sangat terasa di mie celor ini karena biasanya ditambahkan potongan telur rebus, daging udang dan bawang goreng. Hmmm … terbayang nikmatnya.

5. Mi Kocok

Sumber: Travelingyuk.com

Mi khas Bandung ini memakai kuah kaldu daging sapi kental. Menggunakan mi kuning gepeng dan disajikan dengan irisan kikil sapi, taoge, bakso, jeruk nipis, seledri, dan bawang goreng.
Mengapa dinamakan mi kocok? Karena proses memasaknya dimasukkan ke dalam wadah bergagang panjang yang berlubang kemudian dimasukkan ke dalam air panas dan dikocok-kocok atau diaduk hingga matang.

6. Mi Koba

Sumber: Backpackerjakarta.com

Mi berkuah cokelat ini berasal dari Bangka. Kuah cokelat itu didapat dari ikan tengiri, aneka bumbu-bumbu lainnya dan sedikit gula aren.
Bahan-bahan itulah yang membuat rasa kuahnya jadi segar, gurih, dengan sedikit rasa manis. Mi ini disajikan dengan telur rebus dan irisan bawang goreng.

Nah, itulah 6 macam mi nusantara yang asyik dimakan saat sahur dan berbuka. Kamu suka yang mana, Dears? Cobain, yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *