Bebas Lepas dari Utang? 10 Tips Ini Bisa Kamu Coba!

Dewasa ini, sulit sekali mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan serta keinginan, terutama yang bersifat jangka panjang. Tak ayal, kesulitan ini pun dipecahkan dengan jalan pintas bernama utang.

Perbankan pun berlomba-lomba dalam menawarkan program kredit, mulai dari bunga rendah, bahkan sampai cicilan 0% untuk kartu kredit, iming-iming hadiah, sampai jangka waktu lebih yang bisa ditentukan sendiri oleh nasabah. Kalau sudah begini, banyak yang tergiur karena kondisinya sangat memudahkan untuk seseorang dalam berutang.

Namun faktanya, banyak dari kita yang ternyata kandas di tengah jalan dalam membayar cicilan, karena kondisi pengeluaran yang semakin banyak, sementara pemasukan masih sama saja. Kalau sudah terjerat utang, lihatlah, hidup pun menjadi tak tenang.

Dears, 10 tips berikut bisa kamu lakukan agar terbebas dari utang yang menyesakkan:

1. Merencanakan Pengeluaran Bulanan

Tulislah rencana anggaran pengeluaran setiap bulannya, klasifikasikan mana yang bersifat primer dan sekunder.

Setelahnya, lakukan evaluasi dengan pengeluaran nyata, mana alokasi dana yang membutuhkan anggaran terbesar sampai terkecil. Adakah diantaranya pos-pos yang bisa dihemat, atau bahkan ditiadakan demi menabung untuk melunasi utang.

2. Menjual Aset di luar Kebutuhan Primer

Jika kondisinya sudah sangat memprihatinkan, menjual aset adalah pilihan terbaik. Bagaimanapun, membayar kewajiban adalah prioritas utama. Jika masih banyak aset yang bisa dijual selain rumah, misal ada kendaraan lebih dari satu, jual saja, dan hasilnya langsung dipakai untuk pelunasan.

Kalaupun kondisinya mengharuskan kamu menjual aset primer, seperti rumah, karena menjual aset sebelumnya tidak menutupi utangmu, jual saja demi ketenangan hidup yang kamu miliki. Jika masih ada sisa, kamu bisa menabungnya setelah dikeluarkan untuk biaya sewa rumah baru.

3. Menerapkan Pola Hidup Hemat

Belajar dari kesalahan sebelumnya, bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Karena yang mahal adalah gaya hidup, bukan kebutuhan untuk hidup. Hiduplah dengan daftar anggaran yang sudah dibuat setiap bulannya.

4. Mencari Pekerjaan Tambahan

Sudah saatnya kamu mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginanmu. Jika masih terdapat banyak waktu luang di luar jam kerjamu, ambillah pekerjaan sebagai freelancer atau berjualan online sebagai dropshipper.

5. Tidak Menunda Pelunasan

Ini penting. Jika keadaan finansialmu sudah memungkinkan untuk kamu dapat melunasi hutang, maka jangan tunda untuk melakukan pelunasan. Menundanya sama dengan memperpanjang penderitaan. Belum lagi tergoda dengan tawaran lainnya, sehingga dana yang ada untuk pelunasan akan terpakai.

6. Disiplin dengan Anggaran yang Dibuat

Belajar untuk komit dengan apa yang sudah direncanakan. Jangan kembali tergoda dengan hadiah atau bunga ringan, Dears! Catat ya, hanya yang menjadi kebutuhan pokok saja yang dibeli. Selebihnya, jika masih memungkinkan untuk tidak membeli barang baru tidak perlu membeli.

7. Menyisihkan Anggaran untuk Tabungan

Idealnya, total pengeluaran itu 1/3 dari nominal pemasukan, sehingga 2/3 nya bisa dialokasikan untuk tabungan, investasi, juga dana darurat. Jika belum sampai pada 2/3, bisa dimulai dengan menyisihkan minimal 10% dari total pemasukan.

8. Prioritaskan Melunasi Utang yang Bunganya Paling Tinggi

Jika utangmu lebih dari satu, maka lihat mana cicilan yang bunganya paling tinggi, itu dulu yang kamu usahakan untuk lunasi. Bunga yang tinggi tentu akan sangat mencekikmu dan pembayaran yang kamu lakukan tiap bulan tidak terlalu banyak mengurangi pokok utang nya.

Jika sudah lunas, dari anggaran cicilan utang tersebut kamu bisa menabung kembali untuk melunasi utang lainnya.

9. Jangan Memikirkannya Setiap Waktu

Meski urusan utang begitu rumit dan memusingkan, cobalah untuk tidak memikirkannya setiap waktu. Semuanya hanya akan membuatmu tertekan dan stres, sehingga tidak bisa berpikir jernih untuk mengambil langkah selanjutnya.

Ambil napas yang panjang dan rileks sejenak, lalu berpikir positif, tetap optimis dan berdoalah, agar kamu diberi kekuatan untuk melunasi semua utangmu.

10. Minta Dukungan Keluarga

Ini yang terpenting, minta dukungan dari orang terdekat atas tekad yang sudah kamu buat. Meminta mereka mendoakanmu serta pengertiannya untuk sementara waktu menunda kesenangan. Meminimalisir jalan-jalan dan makan di luar menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan. Lalu berjanjilah akan memberikan hadiah pada mereka jika semua urusan utangmu sudah lunas.

Itulah 10 tips yang dapat kamu lakukan agar terbebas dari utang. Semoga membantu, ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *