5 Tips Mudah Mencapai “Deep Sleep”, Kondisi Tidur yang Berkualitas

Kamu sering merasa badan lelah setelah bangun tidur? Itu karena kualitas tidurmu belum benar-benar baik. Yang paling penting dalam tidur adalah kualitas, bukan kuantitasnya, ya, Dears. Meskipun kamu sudah tidur selama 8 jam tanpa kualitas yang baik, kamu akan tetap merasa lelah saat bangun tidur, jika belum benar-benar tidur dengan deep sleep.

Tidur adalah hal sepele yang sangat penting untuk tubuh kita, lho, Dears. Tidur memiliki tiga tahap, yaitu, light sleep atau saat kamu baru tidur, deep sleep yang biasa disebut dengan tidur nyenyak, dan rem sleep, yaitu ketika kamu tidur disertai dengan mimpi yang bisa menyebabkanmu merasa capek saat bangun tidur.

Deep sleep merupakan kualitas terbaik dalam tidur. Hal ini biasanya terjadi hanya selama dua jam saja. Jadi, meskipun kamu hanya tidur selama dua jam saja, tapi dengan tidur deep sleep, kamu akan merasa segar saat bangun tidur. Nah, apakah kamu mupeng bisa tidur deep sleep? Simak 7 tipsnya berikut ini ya, Dears.

Berwudu Sebelum Tidur

Berwudu adalah aktivitas bersuci dari hadas kecil. Dengan berwudu sebelum tidur, kamu akan tidur dalam keadaan suci dari hadas kecil. Selain melakukan sunah Rasul, kamu yang berwudu sebelum tidur akan didoakan oleh malaikat, lho. Hal ini dikuatkan dengan sebuah hadits yang artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban 3/329)

Bersihkan Tempat Tidur

Hal ini mungkin sudah menjadi rutinitas kamu,’kan, Dears? Kali ini lakukan hal itu dengan disertai niat mengikuti Sunah Rasul, ya. Dengan niat yang baik, maka hal yang biasa kamu lakukan akan menjadi lebih bermakna. Jika tempat tidur kamu sudah bersih, tidur akan terasa nyaman.

Matikan Lampu

Sebagian orang akan merasa tidak nyaman jika lampu dimatikan saat tidur. Padahal ini sangat bermanfaat untuk tubuh, lho, Dears. Selain membantu untuk tidur deep sleep, hal ini juga membantu tubuh menghasilkan hormon melatonin. Hormon ini bermanfaat untuk mencegah berbagai penyaki seperti kanker prostat, kanker payudara, insomnia, hipertensi, dan obesitas. Jadi, matikan lampu saat tidur kalau kamu sayang tubuhmu.

Jangan Pegang Gadget

Main gadget memang asyik, tapi saat gadget menjadi pengantar tidur, apa yang akan terjadi, ya? Saat kamu sibuk dengan gadget, tanpa terasa waktu tidur  pasti berkurang.  Selain  itu, hal ini juga menyebabkan kelelahan pada otak kamu, lho. Cahaya biru pada layar ponsel akan merangsang otak untuk berpikir cepat. Gelombang elektromagnetik pada ponsel juga menyebabkanmu tidak merasa ngantuk lagi. Ketika kamu membuka gadget dan membaca chat status di media sosial, secara otomatis otakmu akan terangsang untuk berpikir dan hal itulah yang membuat rasa kantuk  perlahan akan  hilang.

Membaca Doa dan Zikir sebelum tidur

Sebelum  tidur, usahakan untuk selalu membaca doa dan zikir, ya, Dears. Selain untuk meminta perlindungan dan ampunan dari Tuhan, hal ini juga membantu kamu tidur deep sleep, lho. Hal itu terjadi karena dengan berdoa sebelum tidur bisa membuat jiwa lebih tenang, mencegah stres dan menghindarkan kamu dari mimpi buruk.

Sebelum tidur bacalah Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas serta Ayat Kursi. Setelah itu baca istigfar dan tasbih. Dan yang terakhir, bacalah doa sebelum tidur.

Itulah beberapa tips agar tidurmu deep sleep. Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan tidur dengan nyenyak dan bangun tidur dengan badan yang lebih fresh. Mudah, bukan? Let’s do it.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *