Ingin Anak Gemar Menabung? Lakukan 4 Langkah Ini, Dears!

Dears, salah satu pendidikan penting untuk anak adalah mengatur dan mengelola keuangan dengan baik. Pada tahap usia tertentu, saat anak mulai mampu mengontrol keinginannya dan mulai bisa diajak berdiskusi, sejak itulah sebenarnya anak bisa diajak memahami pentingnya mengatur keuangan.

Anak-anak harus dipahamkan sedini mungkin tentang pentingnya hidup sederhana dan menghemat keuangan agar bisa ditabung untuk keperluan yang lebih penting. Tentu saja hal ini tidak mudah, mengingat anak-anak masih sulit menahan keinginannya untuk membeli barang kesukaaannya, apalagi berhemat.

Pentingnya menabung memang harus diajarkan sejak dini kepada anak, Dears. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

1. Mengenalkan Anak tentang Uang

Foto: Pexels

Anak terlebih dahulu dikenalkan tentang uang. Apakah uang itu, dari mana asalnya, bagaimana ayah/ibu mendapatkannya, untuk keperluan apa saja, serta mengapa ayah dan ibu memilih saat membelanjakan uang. Dengan mengenalkan, diharapkan anak dapat menghargai nilai uang.

2. Memberikan Pemahaman tentang Kebutuhan dan Keinginan

Foto: Pexels

Anak harus mengerti, bila berkaitan dengan hal-hal penting maka disebut kebutuhan. Sedangkan bila sebatas untuk kesenangan maka disebut keinginan. Setelah mengerti, anak harus dibiasakan mengurangi pembelian yang berhubungan dengan kesenangan semata dan lebih mengutamakan kebutuhan. Bila menginginkan sesuatu di luar kebutuhan, sebaiknya anak dilatih menahan diri atau menabung terlebih dahulu

3. Menjelaskan Manfaat Menabung

Foto: Pexels

Menabung membuat anak disiplin, yaitu dengan rutin menyisihkan uangnya untuk ditabung. Manfaat lain menabung yang harus diketahui anak adalah membuat gaya hidup lebih sederhana dan tidak boros, membuat hati tenang karena memiliki tabungan untuk keperluan tak terduga, dan membuat anak lebih memiliki empati terhadap orang lain yang tidak berkecukupan.

4. Membiarkan Anak Mengetahui Orang Tua juga Menabung

Foto: Pexels

Anak-anak selalu membutuhkan teladan. Menjadikan gaya hidup sederhana, hemat, dan rajin menabung membuat anak meniru perilaku baik orang tua. Jangan bosan mengingatkan dan terus mengarahkan. Anak-anak akan terbiasa bila dilakukan terus menerus.

Dengan cara di atas, semoga anak-anak kita gemar menabung sejak dini, ya, Dears. Bersabarlah bila masih sulit memulai dan tetaplah berusaha. Bila ada teladan dan terus diarahkan, mereka akan menyadari dengan sendirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *