Ingatkan Diri dengan Hal Berikut agar Terhindar dari Dosa-dosa Kecil

Dears, tiap orang pasti akan meninggalkan dunia fana ketika saatnya sudah ditentukan. Hanya saja, kita sebagai manusia tidak pernah tahu kapan waktunya akan datang. Sebagai manusia hanya bisa mempersiapkan bekal agar diberi kematian yang husnul khotimah.

Banyak orang menginginkan akhir yang baik ketika ajal menjemput, namun jarang untuk berbuat kebaikan selama masih diberi kesehatan. Justru banyak yang beranggapan, selagi masih muda bisa melakukan semua hal sesukanya, sedangkan persiapan untuk bekal hari akhir bisa dilakukan ketika sudah tua.

Pemikiran seperti itu tidak seharusnya masih berlaku hingga sekarang, Dears. Ini akan menyulitkan diri sendiri untuk memulai semua perbuatan yang baik,  sebab sudah terbiasa melakukan kesenangan semata tanpa peduli melakukan perbuatan baik.

Nah, untuk itu, latihlah diri merenungi dosa-dosa masa lalu dan  berbuatlah lebih banyak kebaikan sebagai bekal untuk akhir yang baik.

1. Meninggal Ketika Lalai Mengerjakan Salat

Pertama, renungkanlah jika kita dipanggil oleh Yang Maha Kuasa ketika lalai mengerjakan salat, padahal amalan utama bagi seorang muslim ditentukan dari salatnya. Maka, bagaimana jadinya jika akhir hayat kita ditakdirkan ketika sedang meninggalkan salat? Tentunya semua orang tidak menginginkan hal itu, ya, Dears. Oleh karenanya, sibukkanlah diri untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan perbuatan buruk yang mengarah pada dosa-dosa kecil tanpa disadari.

2. Meninggal Ketika Berbuat Keburukan

Renungan yang bisa mengingatkan diri untuk terhindar dari dosa selanjutnya adalah ketika ditakdirkan meninggal ketika sedang berbuat maksiat. Semua orang tentu tidak ingin diberi akhir yang buruk, apalagi ketika sedang melakukan keburukan. Karenanya, jagalah amal kebaikan dan dekatkan diri dengan orang-orang baik agar senantiasa terhindar dari perbuatan buruk yang tanpa disadari bisa menjadi akhir hidup seseorang.

3. Foto Membuka Aurat di Media Sosial menjadi Dosa Jariyah

Pernahkah mengira jika mengunggah foto di media sosial bagi seorang wanita akan menjadi salah satu dosa jariyah yang akan ditanggungnya kelak? Apalagi jika foto tanpa menutup aurat, bisa dibayangkan, sudah berapa orang yang akan melihat foto tersebut hingga masanya hari akhir tiba.

Bagi sebagian orang mungkin dianggap hal sepele, namun jika Allah telah menetapkan sebagai perilaku yang menyimpang maka dianggap sebagai dosa. Dosa kecil yang sering dilakukan itulah nantinya yang terus menggunung dan memperberat seseorang.

4. Jauhi untuk Bermusuhan dengan Orang Tua

Adu cekcok dengan orang tua tentunya semua anak mengalaminya. Mulai dari masalah sepele hingga masalah yang cukup besar pun dapat menjadi pemicu adanya kerenggangan hubungan antara orang tua dengan anak.

Namun perlu diketahui, perilaku seperti itu tidak dibenarkan dalam islam dan sepatutnya dihindari karena termasuk dosa. Bahkan jika sampai menyakiti hati orang tua, seorang anak tidak akan mendapat rida dari orang tuanya ketika melakukan suatu hal, sehingga dampaknya akan sering mendapat masalah.

5. Setiap Perbuatan akan Dihitung Meski Sangat Sepele

Banyak yang tidak peduli dengan ungkapan seperti itu ketika sedang melakukan keburukan. Justru menjadi pedoman ketika sedang berbuat kebaikan. Padahal, semua perbuatan akan dikenai perhitungan sesuai dengan yang diperbuat. Untuk itu, jadikan pengingat ketika akan berbuat dosa agar tidak melakukan keburukan yang terus menumpuk.

Mungkin banyak orang yang tidak peduli dengan dosa yang diperbuat saat ini karena tidak tahu apa yang akan terjadi besok, dan selalu berharap meninggal dalam keadaan husnul khotimah. Padahal, akhir hidup manusia adalah cerminan dari apa yang sering diperbuatnya semasa masih hidup. Jadi, mulai sekarang renungkanlah berapa banyak dosa yang sudah diperbuat dan ingatlah beberapa hal di atas ketika akan melakukan keburukan agar tidak sampai kamu lakukan, karena amal keburukan tidak akan dicatat hingga seseorang melakukannya, sedangkan amal kebaikan sudah pasti dicatat meskipun baru sebatas niat saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *