saat haid

Imanmu Menurun Saat Haid? Lakukan 5 Tips Ini Agar Tetap Stabil!

saat haid
Foto: Pexels.com

Bagi seorang wanita, adanya tamu bulanan atau haid merupakan fitrah kondisi kesehatan yang menandakan bahwa tubuhnya dalam keadaan normal. Dalam aturan islam, ada keringanan bagi yang sedang haid yakni tidak melaksanakan shalat dan beberapa amalan seperti bertilawah. Kondisi ini biasanya menjadikan hati penuh dengan kemalasan karena kurangnya beribadah. Kondisi tubuh, hormon, tidak shalat dan tidak bertilawah malah menjadikan keimanan pun terkadang menurun.

Lalu bagaimana cara menyiasati agar keimanan tetap stabil? Berikut ini tips bagi wanita haid agar iman tetap terjaga:

1. Tetap Banyak Berdzikir

Senantiasa mengingat Allah Subhanahu wata’ala akan menjaga agar tetap dalam iman. Bisa diagendakan beberapa dzikir  yang perlu dibaca sepanjang hari, mulai dari dzikir al ma’tsurat di pagi dan sore hari, dzikir sebelum tidur, dan dzikir lainnya yang juga bermanfaat untuk membentengi diri dari gangguan syetan dan rasa malas.

2. Mengikuti Kajian Tentang Islam

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi memudahkan kita termasuk dalam belajar. Tidak hanya secara offline, tapi kita juga masih bisa mengikuti kajian keislaman secara online melalui video-video yang saat ini bisa kita peroleh di berbagai media.

3. Muroja’ah Hafalan Alquran

Muroja’ah sangatlah penting untuk menguatkan ingatan tentang hafalan. Selain itu, hati kita akan senantiasa bersentuhan dengan ayat-ayat Alquran yang menenteramkan dan menyehatkan jiwa melalui muroja’ah tersebut.

4. Hindari Hal yang Membuat Lalai

Segala sesuatu yang menyenangkan adakalanya membuat kita terlena. Seperti musik dan film sangat mungkin membuat kita lalai. Buatlah aturan untuk diri sendiri, jika ingin menikmatinya bisa dibatasi durasinya. Jangan sampai terlena dan seharian menonton film mentang-mentang sedang datang bulan.

5. Membaca Buku yang Positif

Secara hormonal wanita yang sedang haid agak labil. Oleh sebab itu, perlu mendapat asupan positif baik dari buku bacaan maupun dari artikel-artikel online yang bisa diperoleh dari website Islami.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan agar iman tetap stabil meskipun sedang dalam keadaan haid. Semoga tips di atas bermanfaat bagi para muslimah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *