lomba blog

Ikut Lomba Blog Meski Masih Pemula? Tak Perlu Takut Dears

Akhir-akhir ini banyak sekali lomba literasi yang diadakan oleh pihak tertentu. Lomba yang diadakan pun memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing dan terlebih lagi umumnya diadakan secara gratis Cuma-cuma alias tanpa biaya pendaftaran.

Oleh karenanya siapapun asalkan memenuhi S&K boleh mengikuti termasuk para pemula. Biasanya pemula yang baru menjajaki dunia literasi jarang untuk mengikuti berbagai lomba yang diadakan. Alasannya pun beragam, ada yang masih kurang pede dengan konten yang dibuat, tampilan blog yang masih polosan hingga minder dengan para blogger lain yang sudah andik dalam menulis artikel. Padahal jika mampu memanfaatkan kesempatan untuk ikut lomba blog, banyak keuntungan yang diperoleh loh Dears, di antaranya berikut ini.

1. Mengasah Membuat Konten yang Berbeda

Mengikuti lomba berarti dituntut untuk membuat konten sesuai dengan persyaratan tema yang sudah ditentukan. Dengan begitu kamu bisa mengasah diri untuk membuat konten yang sebelumnya belum terpikirkan. Sehingga harus mengumpulkan infromasi terlebih dahulu sebelum menulis, agar tulisan bersumber dari informasi yang valid.

2. Challenge Diri Sendiri

Jangan biarkan dirimu tenggelam dalam tantangan. Justru tantang dirimu dengan berbagai challenge yang berbeda setiap kesempatan termasuk mengikuti lomba blog. Dengan cara ini, kamu bisa mengukur batasan kemampuan dan terus berusaha untuk meningkatkannya dengan aktif ikut lomba blog dari berbagai tema yang berbeda dan telah ditentukan.

3. Dikenal Orang Lain

Nah ini nih sisi positifnya dari aktif ikut lomba blog. Yaa memang tidak semua yang ikut lomba bakal dikenal dan terkenal juga, tetapi dengan sering ikut lomba blog dan bisa menggondol juara bisa menjadi keuntungan tersendiri bakal dikenal sesama blogger lain. Selain itu tampilan blog yang ciamik juga menjadi nilai plus saat ikut lomba blog karena mengundang viewers lain yang penasaran dengan isi di blog kita.

4. Punya Pengalaman

Pengalaman tak harus dikaitkan dengan aktif berorganisasi ataupun pengalaman hunting ke berbagai daerah. Pengalaman bisa diperoleh dari kegiatan apapun yang memiliki makna bagi diri sendiri. Seperti mengikuti lomba blog, bisa menambah ilmu dari para juara dengan artikel yang dibuatnya. Sehingga bisa ditiru dan diaplikasikan di blog kita.

5. Hadiah yang Menggiurkan

Tak jarang hadiah yang diberikan saat lomba blog tak tanggung-tanggung. Ada yang berupa hadiah uang tunai ada juga yang free liburan ke luar kota bahkan luar negeri. Bahkan karena hadiah yang dijanjikan cukup menarik seperti liburan gratis, beberapa blogger sengaja ikut lomba blog agar dapat liburan gratis. Lumayan kan Dears, bisa liburan tanpa merogoh kocek cukup dalam.

Tak ada salahnya untuk mencoba mengikuti lomba blog yang diadakan oleh beberapa pihak sponsor. Apalagi yang sudah memiliki blog sendiri, jangan disia-siakan kesempatan untuk menambah pengalaman dan meningkatkan tampilan blog. Karena semakin banyak tulisan di blog, semakin besar blog kita muncul di halaman pertama search engineĀ dan pastinya memberikan keuntungan tersendiri bagi kita serta semakin percaya diri dalam menulis artikel dengan tema apapun.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *