Idulfitri Sebentar Lagi, Sudahkah Menunaikan Zakat?

Assalamualaikum, Dears

Tidak terasa, ya, beberapa hari lagi bulan Ramadan akan berakhir dan kita akan menyambut Hari Raya Idulfitri pada Rabu, 5 Juni 2019. Sekadar mengingatkan, sudahkah kamu membayar zakat?

Zakat merupakan Rukun Islam ke empat. Zakat wajib kita tunaikan, sebagaimana Firman Allah Swt:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

“Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama dengan orang-orang yang ruku’.” (QS. Al-Baqarah: 43)

Zakat yang kita keluarkan di bulan Ramadan adalah penyempurna ibadah puasa kita dan biasa dikenal dengan Zakat Fitrah. Zakat fitrah diwajibkan kepada setiap Muslim, baik merdeka maupun budak, laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, kaya maupun miskin.

Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis:

“Rasulullah Saw mewajibkan zakat fitrah bulan Ramadan sebanyak satu sha’ kurma atau gandum atas setiap muslim merdeka atau hamba sahaya laki-laki atau
perempuan.”  (HR. Bukhari Muslim)

Jika Rasulullah berzakat dengan kurma dan gandum, maka kita bisa berzakat dengan beras yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia pada umumnya. Lalu, berapa besarnya zakat yang harus kita bayarkan? Jika mengacu pada aturan Kementerian Agama, maka paling sedikit kita membayar 2,5 kg.

Zakat fitrah juga bisa dibayarkan dengan uang yang setara dengan harga 2,5 kg beras. Namun, tentunya harga beras di setiap daerah berbeda-beda. Lebih baik dilebihkan, daripada kurang. Karena jika lebih, kita akan mendapatkan pahala sedekah.

Lalu, kapan zakat fitrah itu harus dibayarkan, Dears? Zakat fitrah boleh dibayar sejak memasuki bulan Ramadan dan maksimal dibayarkan sebelum melaksanakan salat Idulfitri. Apabila melebihi waktu tersebut, berarti kita tidak menunaikan kewajiban zakat dan hanya mendapatkan pahala sedekah saja.

Sebelum menunaikan zakat fitrah, jangan lupa berniat, ya. Berikut lafalnya:

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri fardhu karena Allah Taala.”

Atau, jika kita berniat membayar zakat untuk seluruh anggota keluarga, maka berikut lafalnya:

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku fardhu karena Allah Taala.”

Dears, berhubung ini sudah di penghujung Ramadan, jangan sampai terlewat, yuk, bayar zakatnya. Karena dengan zakat, hubungan dengan saudara sesama muslim akan semakin erat. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadan ini membawa keberkahan. Aamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *