Ide Gabut yang Produktif Selama Stay At Home, Anti Bosan!

Ide kegiatan gabut yang produktif ini ternyata banyak manfaatnya, lho. Kalau kita pikir-pikir, selama stay at home ini memang banyak banget hal-hal yang baru kita sadari kalau ternyata selama ini kita cukup sibuk sampai nggak peduli dengan sekitar, bahkan hal terdekat kita.

Kebayang ngga sih kalau nggak ada kesempatan untuk stay at home gini? Pasti sekarang kamu masih berkutat dengan kesibukan di luar rumah, di kantor, di kampus, atau di tempat nongkrong sama teman-teman. Padahal, di dalam rumah, masih banyak hal yang ternyata perlu dibereskan lho.

Nah, mulai sekarang, yuk coba berbagai kegiatan gabut yang produktif yang mungkin akan mendatangkan hobi dan bakat baru dalam dirimu!

1.Belajar Masak atau Bikin Kue

Foto: nova.grid.id

Buat kamu yang selama ini selalu sibuk dengan pekerjaan atau perkuliahan, boleh banget kalau lagi mau coba-coba belajar masak. Coba deh buka resep-resep yang ada di Youtube atau platform online gratis lainnya, tentunya sangat mudah dan nggak ada alasan nggak bisa ya. Dan yang nggak kalah penting, ternyata masak sendiri itu jauh lebih hemat dari pada beli makanan di restoran, lho, dan yang pasti jauh lebih sehat. Siapa tahu, ini akan menjadi hobby baru kamu sampai seterusnya.

Kamu juga bisa belajar bikin kue. Dimulai dari kue-kue yang simpel sampai yang rumit. Kamu bisa bikin bolu kukus, brownies, puding buah, dessert, cookies, kue lebaran, camilan untuk buka puasa, dan masih banyak lagi yang bisa kamu buat selama stay at home. Terlebih lagi, kalau buatnya bareng sama orang-orang rumah, pasti rasanya menyenangkan, ya?

2. Chat Teman Lama

Foto: wow.tribunnews.com

Kangen nggak sih sama teman lama yang udah jarang chat? Atau penasaran sama kegiatan mereka sekarang gimana? Kalian bisa banget untuk memulai hubungan baru lagi dengan teman baru, silaturahmi itu memperpanjang usia lho. Jangan pernah malu untuk memulai chat duluan ya, tanyakan bagaimana kabar mereka, apa kegiatan mereka, siapa tahu bisa sharing kegiatan yang bermanfaat, kan?

Kamu juga siapa tahu bisa dekat dengan teman lamamu yang mungkin saja jodohmu. Jangan lewatkan kesempatan emas saat pandemi ini ya. Lakukan apa yang belum sempat kamu lakukan di masa-masa sibuk kemarin.

3. Bersih-bersih Lemari Pakaian

Foto: gaya.tempo.co

Selama ini kamu sibuk dengan kegiatan rutin, seperti kerja, kuliah, sekolah, dan lain-lain. Kegiatan yang cukup padat biasanya memaksa kamu di rumah harus terburu-buru dalam memilih pakaian dan menyusun pakaian ke dalam lemari saat selesai di setrika ya.

Nah, kamu bisa menata kembali lemari pakaian agar tersusun dengan rapi dan bersih seperti baru lagi. Kegiatan bersih-bersih ini bisa dilakukan saat kamu sedang tidak ada kegiatan di rumah yang mendesak yaa, agar dapat tersusun dengan rapi dan enak dilihat.

4. Bersih-bersih Galeri Foto di Handphone dan Laptop

Foto: heyriad.com

Benar-benar memusingkan ya kalau galeri handphone penuh dengan gambar-gambar yang bagus-bagus semua. Tapi, ternyata gambar-gambar bagus itu tidak semuanya penting lho. Coba deh kamu buka lagi dari awal, dan pilah mana gambar yang penting dan tidak penting, mana yang bagus dan mana yang kurang bagus.

Hapus dan sisakan foto-foto yang penting dan bagus, kemudian pisahkan dalam beberapa album dan diberi nama sesuai dengan jenis dan kebutuhan. Begitu juga dengan galeri kontak di handphone. Dengan cara cleaning seperti ini, dapat membuat ponsel lebih ringan dan lebih lama untuk full memory, kan, jadi lebih enak deh kalau mau pilih-pilih foto dan nomor kontak.

5. Bersih-bersih Alat Make-Up

Foto: gema.id

Semakin jarang dipakai biasanya justru bikin kamu lupa kalau produk make-up yang disimpan sudah expired. Dan semakin sering dipakai biasanya malah bikin lupa atau malas untuk mencucinya. Biasanya hal-hal sepele seperti itu yang bikin kulit kamu bermasalah saat mengenakan make-up, padahal sudah beli make up yang mahal. Duh sayang banget, kan?

Saat stay at home gini, cocok banget nih buat kamu yang ingin menata ulang riasan wajah kamu, mulai dari mencuci semua brush dan beauty blender, membuang produk yang sudah expired atau mengalihkan fungsinya agar tidak mubazir, dan menyusunnya dengan rapi di meja rias atau di pocket make-up yang biasa dibawa kemana saja.

6. Review Akun-akun Socmed-mu

Foto: rivandipputra.wordpress.com

Wah, banyaknya followers dan following di akun socmed kamu sepertinya sesuatu yang tidak mengejutkan ya, tapi coba deh sesekali intip following dan followers-mu, bukan hal yang tidak mungkin jika kamu ternyata mengikuti akun-akun tidak dikenal yang sebenarnya tidak memberikan begitu banyak benefit untuk kamu. Kamu bisa unfollow akun-akun yang seperti itu ya. Lalu kamu juga bisa cari-cari akun socmed yang lebih kamu butuhkan, misalnya seperti akun-akun tutorial masak, akun-akun parenting, akun-akun yang membahas finansial, investasi dan banyak hal yang lebih bermanfaat lainnya.

7. Review Keuangan-mu

Foto: sahabatpegadaian.com

Keungan selama masa pandemi ini tentunya cukup stabil ya, walaupun ada naik turunnya sedikit. Biasanya ada pos keuangan yang berkurang tapi di sisi lain ada pos keuangan yang membutuhkan budget lebih. Kamu bisa mencoba untuk mencatatnya secara teliti dan mengalokasikan keuangan dengan tepat.

Tentunya kita memang dituntut untuk menjadi manajer keuangan bagi diri sendiri dan keluarga, ya. Keahlian yang harus kita miliki adalah pintar mengelolanya sampai akhir. Karena kita nggak tahu sampai kapan pandemi ini berakhir, jadi kamu harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan. Apalagi untuk para bunda yang menjadi menteri keuangan di rumah masing-masing, walaupun sedikit kesulitan mengaturnya tapi tenang aja, rezeki sudah ada yang mengatur. Yang perlu kita lakukan adalah mengelola keuangan dengan baik agar tidak boros.

8. Bikin Happy List Kamu

Foto: ourartworld.com

Walaupun stay at home tapi harus stay happy juga ya. Nah, salah satu cara bikin kamu tetap happy adalah listing semua hal yang bisa bikin kamu senang. Mulai dari hal kecil sampai hal luar biasa yang sangat kamu impikan. Setelah listing, kamu juga bisa melakukannya saat itu juga lho apabila memungkinkan. Tapi kalau nggak, kamu bisa memasukkannya ke to do list yang akan kamu buat seperti di bawah ini.

9. Bikin List Random Selama Stay At Home

Foto: pinterest.com

Random list di sini maksudnya kamu tetap listing sesuai jenis ya. Misalnya, to watch list, shopping list, to do list, healthy food list, dan banyak hal random lainnya yang bisa kamu list untuk memenuhi kegiatan harianmu selama di rumah aja.

Di list dulu aja, walaupun belum mau dilakukan sekarang. Sesuatu yang bikin kamu berpikir banyak tentang keinginan dan kebahagiaan kamu justru bikin kamu bahagia, kok. Tapi jangan takut untuk nge-list semua keinginanmu. Masalah tercapai atau nggak, jangan dipikir dulu, yang penting kamu terhindar dari kebosanan akibat pandemi ini.

Semoga semua poin yang dijabarkan bermanfaat dan jadi ide menarik untuk mengisi hari-harimu selama pandemi. Jangan lupa selalu stay di rumah jika nggak ada hal mendesak.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *