Ibu Bekerja Wajib Baca! Lakukan 7 Hal Ini untuk Menghindari Kehebohan Setiap Hari

Dears, ibu bekerja mempunyai kesibukan yang luar biasa, karena waktunya selama sepuluh jam sehari dihabiskan untuk perjalanan dan bekerja di kantor. Meskipun begitu, banyak urusan rumah tangga yang harus diselesaikan setiap harinya. Kunci utamanya adalah pemanfaatan waktu sebaik-baiknya, apalagi jika memiliki asisten rumah tangga.

Ada beberapa pekerjaan rumah tangga yang dapat dikerjakan di hari libur mingguan sehingga ibu bekerja tetap dapat memenuhi keperluan keluarganya setiap hari. Simak persiapan yang dapat dilakukan berikut ya, Dears!

Makanan Sehat yang Tidak Merepotkan

Makan adalah kebutuhan utama bagi anak-anak dan suami setiap harinya, namun kesibukan setiap pagi kadang tidak menyisakan waktu untuk memasak. Bagaimana supaya ibu tetap bisa memasak sehat untuk keluarga? Rahasianya adalah, siapkan menu dan masakan yang akan dimasak saat ibu libur. Buat jadwal menu yang akan disajikan dalam satu pekan ke depan, usahakan menu praktis di pagi hari tetapi tetap sehat. Masaklah lauk yang bisa diawetkan dalam kulkas dan siangi sayuran yang akan dimasak. Ayam dapat diungkep lebih dulu, sehingga siap goreng pada pagi hari. Ikan sebaiknya sudah disiangi dan dibumbui, masukkan ke dalam freezer. Tahu dan tempe dapat dibuat bacem lebih dulu atau dibuat nugget yang dicampur sayur. Jika memungkinkan, buatlah berbagai bumbu dasar yang dapat digunakan setiap saat tanpa perlu menumbuk atau memblender pada pagi hari.

Intinya, jangan menyibukkan diri dengan berbagai olahan yang menyita waktu dan tenaga. Masakan yang istimewa dengan banyak bumbu dan proses pengolahan rumit hanya untuk makan malam, saat semua keluarga berkumpul sehingga anak dan suami dapat dilibatkan dalam rangka kebersamaan.

Untuk bekal anak yang dapat disiapkan lebih awal, sebaiknya sudah dibungkus dalam paket harian, seperti biskuit, susu kotak atau jus kemasan. Begitu juga untuk anak yang dititipkan, siapkan bekal susu formula dan jajannya selama sepekan ke depan, sehingga pengasuh tinggal mengambil di persediaan ketika anak meminta.

 

Berbelanja Sekaligus Belajar Bersama

Berbelanja dan memasak biasanya masuk dalam paket yang bersamaan. Jika kita sudah membuat jadwal menu sepekan, kita pasti akan berbelanja untuk minimal satu pekan. Berbelanja di pasar tradisional di pagi hari bersama dengan keluarga sangat menyenangkan, lho, Dears. Momen ini menjadi momen kebersamaan sekaligus pembelajaran untuk anak-anak kita dalam banyak hal.

Ketika kita berbelanja di tukang sayur keliling setiap hari, kita akan membuang banyak waktu di pagi hari dan tentu harganya akan lebih mahal daripada belanja di pasar tradisional. Jika ada yang bisa dikerjakan oleh tukang di pasar, misalnya, menyiangi ikan, kerang, cumi dan ayam, biarlah pak tukang yang mengerjakan. Sambil menunggu ikan disiangi, kita bisa berbelanja kebutuhan yang lainnya.

 

Pakaian Terjadwal

Suami dan anak selalu bertanya di mana pakaian kerja atau seragamnya setiap pagi? Jangan sampai terjadi lagi ya, Dears. Buat gantungan baju yang khusus menggantung baju seragam anak, suami dan kita sendiri selama satu pekan ke depan. Jangan lupakan dasi, topi, kaos kaki, kerudung dan atribut lainnya yang diperlukan bersama dengan baju seragamnya. Bahkan untuk anak yang memiliki kesibukan les atau ekstrakurikuler lainnya, siapkan bajunya sekalian untuk seminggu ke depan. Dengan cara seperti ini kamu tidak perlu mengobrak abrik lemari setiap pagi. Ajarkan anak untuk selalu menepati jadwal baju yang sudah kita siapkan dan berikan konsekuensinya apabila tidak taat, yaitu terlambat sekolah atau terlambat berkegiatan lainnya hanya karena memilih baju yang tidak pada tempatnya. Untuk anak yang lebih besar, kita dapat melibatkannya untuk menyiapkan bajunya sendiri, yang penting sesuai dengan rutinitas yang diikutinya.

Untuk anak yang dititipkan ke tempat penitipan, siapkan baju ganti untuk seminggu ke depan sekaligus cadangannya, sehingga tidak perlu khawatir ditelepon pengasuh ketika anak kehabisan baju ganti.

 

Kebersihan Selalu Terjaga

Rumah yang selalu kotor dan berantakan tentu membuat para penghuninya tidak betah tinggal. Karena itu libatkan anak dan suami untuk selalu menjaga kebersihan. Lakukan kegiatan bersih-bersih sepekan sekali sesuai porsi masing-masing.  Suami dapat membersihkan halaman dari rumput liar, membersihkan sarang laba-laba, mencuci semua kendaraan atau mengantar baju yang harus di-laundry jika memang diperlukan. Anak-anak dapat dilibatkan untuk selalu menjaga kebersihan kamar masing-masing sesuai usianya.

Seminggu sekali kita bisa mengganti sprei dan selimut di semua tempat tidur, membersihkan kamar dan perabot sampai kolongnya, menghisap debu di peralatan rumah dan sebagainya. Untuk tempat-tempat yang tidak terlalu kotor tidak perlu menyapu dan mengepel setiap hari, sehingga tidak banyak waktu yang terbuang. Sedangkan membersihkan rumah dalam skala besar dapat dilakukan dengan meminta bantuan tukang bersih-bersih sesuai keperluan.

 

Kendaraan Nyaman Anti Macet

Pernah berkendara dan kehabisan bahan bakar di jalan? Pasti rasanya menyesakkan ya, sudah berkejaran dengan waktu, tapi kendaraan macet karena kehabisan bahan bakar. Biasakan untuk mengecek bahan bahan setiap libur, isi sampai penuh sehingga pada awal-awal minggu yang berat kita tidak direpotkan dengan urusan kendaraan. Minta suami untuk mengecek kelayakan kendaraan secara berkala, minimal seminggu sekali, apakah perlu ganti oli atau perlu tambah air aki. Sempatkan untuk mencuci kendaraan meskipun selama sepekan tidak begitu kotor.

 

Silaturahim Tetap Terjaga

Sebagai makhluk sosial, kita tidak akan pernah lepas dari kehidupan bermasyarakat, entah itu menghadiri undangan pernikahan, khitanan, atau rapat dengan lingkungan. Saat ini masyarakat sudah semakin menyadari bahwa semakin banyak ibu yang memiliki kesibukan dengan bekerja, sehingga banyak acara resepsi pernikahan dan rapat lingkungan dilakukan saat akhir pekan. Ibu bekerja dapat menghadiri berbagai undangan sekaligus saat libur dengan membawa anak. Jadikan momen menghadiri undangan ini sebagai momen kebersamaan dengan pergi bersama-sama meskipun anak-anak tidak harus masuk ruangan sebagai tamu. Kita bisa datang kerumah yang mengundang jika waktu benar-benar tidak memungkinkan datang tepat waktu di gedung tempat perjamuan. Sampaikan alasan yang tepat dan tuan rumah pasti akan memaklumi

 

Me Time Asyik

Setelah satu pekan bekerja, kemudian melakukan persiapan untuk sepekan berikutnya, bagaimana rasanya, Dears? Lelah lahir batin pasti, ya? Nah, saat itu kita perlu me time sejenak. Me time tidak harus nongkrong di kafe. Beberapa ibu bekerja memiliki me time yang luar biasa. Ada yang mengikuti pengajian atau kegiatan keagamaan lainnya. Ada yang berkegiatan sosial dengan teman-teman organisasi. Ada yang sekadar senam bersama teman-temannya. Percayalah, jenuh itu tanda jiwa membutuhkan rehat. Jadi, lakukan apapun yang menyenangkan untuk recharge energi sepekan kedepan ya, Dears!

Nah, itu dia persiapan yang dapat kita lakukan saat libur mingguan tiba Sedikit bekerja keras demi menghindari kehebohan pagimu. Menikmati peran sebagai ibu bekerja sekaligus ibu rumah tangga itu sungguh luar biasa rasanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *