Hujan, Air dari Langit yang Punya Segudang Manfaat

Musim hujan identik dengan banjir dan demam berdarah, ya, Dears. Banyak yang takut bila musim basah ini tiba. Selama ini yang ada dalam mindset kita adalah hindari hujan agar tidak sakit. Namun, ternyata hujan tak sejahat itu!

Air yang turun langsung dari langit ini ternyata membawa manfaat dan berkah untuk seluruh makhluk hidup. Tidak percaya? Padi akan tumbuh subur saat musim hujan. Tanah kering akan kembali gembur setelah diguyur hujan.

Selain itu, ternyata air hujan juga memiliki banyak manfaat tersembunyi. Berikut beberapa kegunaan air hujan yang mungkin tak banyak orang tahu.

Hujan Menimbulkan White Noise

Gemericik air hujan merupakan white noise alami. White noise adalah suara datar yang tidak terlalu bising. Jenis suara ini merupakan gabungan beberapa frekuensi yang berasal dari beberapa sumber suara.

White noise yang kita dengar akan mengirimkan sinyal ke otak dan merangsang pikiran menjadi rileks. Suara ini bisa membuat tidur menjadi lelap. Saat berada di dalam kandungan, kita selalu mendengar suara air ketuban dan detak jantung ibu, inilah yang mendasari teori ini.

Contoh white noise lainnya adalah debur ombak, suara hair dryer, dan kipas angin. Ketika cuaca mendung dan hujan turun, membuat tubuh mengeluarkan hormon meletonin yang mendatangkan rasa kantuk.

Petrichor Memberi Efek Tenang 

Ketika hujan mengguyur bumi, tanah akan mengeluarkan aroma alami yang disebut petrichor. Bau khas ini berasal dari zat kimia tanah, geosemin, yang diproduksi oleh bakteri di dalam tanah.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani yang berarti tanah atau bebatuan yang diguyur cairan para dewa. Petrichor menimbulkan sensasi menenangkan, menghilangkan stres dan rasa tertekan.

Mempercantik Rambut dan Kulit

Air hujan murni tidak mengandung mineral apapun dan bersifat basa. Ini bisa mengurangi kadar asam di kulit kepala. Manfaatnya, rambut menjadi lebih indah, Dears.

Selain itu, hujan menyebabkan udara lembab. Kondisi ini bagus, karena bisa mempertahankan PH alami kulit. Terkena guyuran air hujan akan membuat kulit menjadi kenyal, bersih, dan bercahaya.

Hujan Membakar Kalori Lebih Banyak 

Ketika cuaca mendung dan suhu udara menjadi dingin, tanpa kita sadari tubuh akan menghangatkan dirinya sendiri. Caranya, dengan membakar kalori dan cadangan lemak. Semakin dingin suhu udara, akan semakin banyak pula kalori dan lemak yang terkuras.

Coba kamu ingat lagi. Setelah kehujanan badan terasa lelah, bukan? Ini disebabkan karena zat dalam air hujan juga membuat tubuh bekerja lebih keras. Ujung-ujungnya, kalori juga terbakar lebih banyak.

Hujan Membuat Udara Lebih Segar

Saat hujan turun, kelembaban udara menjadi tinggi. Situasi ini bisa mematikan virus tertentu dan membuatnya tak lagi berbahaya. Suhu dingin ternyata juga meningkatkan sistem imun, lho.

Air hujan yang masuk ke atmosfir bumi mampu menarik ratusan partikel polutan serta bakteri. Itulah sebabnya setelah hujan turun, udara menjadi lebih segar dan jernih.

Sekarang kamu percaya, kan, bahwa air yang tercurah dari langit ini tak melulu menimbulkan kerugian? Tak perlu takut bila musim hujan datang, ya, karena hujan membawa berkah untuk seluruh alam semesta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *