Hindari Konsumsi Buah Ini saat Berpuasa, Dears, Kamu Harus Tahu!

Dears, buah-buahan sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama pada bulan Ramadan seperti saat ini. Selain untuk memelihara kesehatan, kandungan nutrisi pada buah juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit, bahkan dapat membantu proses penyembuhan penyakit.

Buah-buahan terbukti memiliki kadar lemak dan gula yang rendah. Buah juga sumber serat terbaik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Akan tetapi, saat menjalankan ibadah puasa kita harus memperhatikan buah apa saja yang yang tidak boleh dikonsumsi karena berbahaya bagi tubuh. Buah apa sajakah itu? Simak tulisan berikut ini, ya, Dears!

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis tentu mengandung asam tinggi yang bisa memengaruhi asam lambung, terutama ketika perut belum diisi oleh makanan lainnya.

2. Durian

Durian mengandung alkohol yang bisa menimbulkan gas pada saluran pencernaan dan memicu kepala pusing. Selain itu, makan durian saat berbuka memicu sakit mag dan meningkatkan tekanan darah. Jika keinginan makan buah ini tak tertahankan, maka sebaiknya dimakan setelah salat tarawih saat perut telah terisi.

3. Mangga

Mangga yang tidak boleh adalah yang terlalu asam. Bila mangga manis, boleh saja dikonsumsi karena mangga memiliki manfaat beragam, antara lain, mengurangi kadar kolesterol, mencegah kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Buah Kalengan

Buah kalengan dianjurkan tidak dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa karena sudah diberikan perasa makanan atau penyedap rasa sehingga tidak akan sesehat buah alami.

5. Nangka

Buah yang wanginya unik ini mengandung gas sehingga bisa menimbulkan perut kembung, diare, serta buang gas terus-menerus. Buat kamu yang memiliki gangguan lambung, konsumsi nangka dalam kondisi perut kosong bisa memicu gangguan lambung, lho, Dears.

6. Kedondong

Kedondong sangat nikmat disantap bersama buah lain dalam rujak. Meskipun memang kedondong bermanfaat bagi tubuh, seperti mencegah diare, mencegah penyakit jantung, sebagai anti oksidan, menyehatkan mata, menyembuhkan luka, dan meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi rasanya yang terlalu asam sangat dianjurkan untuk dihindari saat bulan Ramadan.

Demikian enam buah yang sebaiknya kamu hindari saat sahur dan berbuka puasa. Semoga bermanfaat ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *