Hijrah memang Tidak Mudah, Dears, Tapi 5 Hal Ini Bisa Membuatmu menjadi Muslimah Tangguh

Menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya memang sudah seharusnya dilakukan. Berbagai cara dilakukan, dengan tujuan mendapatkan keberkahan dan kebaikan setelahnya.

Hijrah menjadi salah satu cara membantu manusia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Tidak mudah memang, sebab akan banyak hambatan untuk menuju kebaikan. Namun beberapa hal harus tetap dilakukan, agar imanmu tetap kuat dan istiqomah.

1. Terus Perkaya Diri dengan Ilmu, Jangan Cepat Puas dengan Satu Ilmu

Ada banyak ilmu yang perlu kamu gali. Tidak hanya dari satu sumber atau bahkan satu guru saja, ada banyak sumber di luar sana. Berpikir secara universal akan membantumu lebih tahu banyak hal. Bahkan hal yang belum kamu tahu sebelumnya. Selain itu, memiliki banyak ilmu akan membuatmu lebih mudah untuk berpikir secara objektif.

2. Carilah Teman yang Bisa Membantumu Istiqomah, yang Menemani di Kala Kamu Bersusah Payah

Selain ilmu, teman juga berperan penting dalam prores hijrahmu. Mereka yang mau menerima perubahanmu, menemanimu menggali ilmu baru dan bahkan tidak meninggalkanmu di kala kamu mulai susah, merekalah teman yang harus kamu pertahankan. Kamu berhak mendapatkan teman yang mau sama-sama belajar dan membantumu istiqomah.

3. Meski Ada Orang yang Nyinyir, Jangan Tanggapi Mereka, Lalui Saja

Tidak ada kebaikan yang berjalan tanpa rintangan. Salah satu yang pasti kamu dapati adalah nyinyiran orang-orang di sekitarmu. Mereka akan mulai memerhatikan perubahanmu dari mulai ujung kepala hingga ujung kaki dan mulai mengkritik setiap perbuatan dan tingkah lakumu. Tapi, jangan hiraukan nyinyiran mereka, dengarkan saja kritik yang membangun, selebihnya anggap sebagai pemanis perjalanan hijrahmu.

4. Jika Ingin Menyerah Cobalah untuk Mengingat Alasanmu Dulu Berhijrah

Banyaknya rintangan tidak jarang membuatmu lelah dan ingin menyerah. Itu hal yang wajar, Dears. Proses yang panjang membuat semangatmu naik dan turun. Tapi, tidak seharusnya saat semangatmu melemah kamu ikut melemah. Cobalah untuk mengingat kembali apa yang membuatmu dulu ingin sekali berhijrah. Jadikan itu sebagai motivasi terbesarmu.

5. Membantu Teman yang juga Ingin Berhijrah, Tekadmu akan Semakin Kuat untuk menjadi Lebih Baik

Jika imanmu sudah semakin kuat, jangan lupa untuk berbagi. Jika temanmu ingin mendapat bimbingan darimu maka berilah pengalaman dan ilmu yang sudah kamu dapatkan. Dengan berbagi pengalaman dan ilmu, kamu akan terus kembali mengingat perjalanan hijrahmu dan tidak mudah menyerah.

Yuk, jadikan hijrahmu menjadi lebih menyenangkan ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *