Hidup Tenang Tanpa Iri Hati dan Dengki? Praktikkan 3 Tips Ini

Dears, di antara kita pasti pernah mengalami rasa iri dan selalu membanding-bandingkan dengan pencapaian orang lain. Meski terlihat wajar, namun jika sering dilakukan tidak baik juga, lho, Dears, karena tanpa disadari akan memunculkan rasa benci kepada orang tersebut.

Hakikatnya, setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Mulai dari kegagalan yang harus dihadapi hingga banyak pencapaian yang didapat, semua itu sudah ada porsinya masing-masing. Namun, kita juga manusia biasa yang tidak akan lepas dari sifat iri dan membandingkan orang lain dengan diri kita.

So, berikut ini beberapa tips untuk hidup lebih tenang tanpa membandingkan diri kita dengan orang lain.

1. Lakukan Apa yang Menurutmu Benar

Ketika kamu selalu melihat orang lain dengan segala pencapaiannya, maka yang harus dilakukan adalah terus menekuni apa yang saat ini sedang dijalani. Meski yang kamu lakukan berbeda, tapi setidaknya kamu sudah mencoba melakukan sesuatu sesuai kemampuanmu dan berharap sukses dengan cara yang berbeda dengannya.

2. Iri dengan Tujuan Lebih Baik

Pernah berpikir jika iri juga memiliki tujuan yang baik? Karena yang banyak kita ketahui, iri adalah salah satu sifat yang dibenci karena melihat orang lain memiliki apa yang tidak kita miliki. Namun ketika kita iri dengan tujuan dan sudut pandang yang berbeda ternyata memiliki arti yang berbeda pula.

Irilah karena saat ini kamu belum sesukses dia, padahal kalian sama-sama makan nasi dan memiliki potensi untuk sukses. Jika jalan suksesnya berbeda, itu tak jadi masalah. Justru yang jadi masalah adalah ketika kamu iri namun tidak ada action untuk bisa sukses seperti dia.

3. Belajar Meningkatkan Kualitas Diri

Seringkali kita membandingkan kemampuan orang lain dengan diri kita sendiri karena merasa tidak seberuntung, secerdas dan sekreatif mereka yang lebih dulu sukses. Padahal, sebenarnya kita juga mampu untuk sukses seperti mereka. Yang perlu kita lakukan cukup mengurangi rasa malas dan terus belajar banyak hal. Sedikit demi sedikit kita akan mampu meningkatkan kualitas diri dengan memiliki banyak pengetahuan yang menunjang untuk bertahan di dunia yang keras ini.

Dears, pada dasarnya, hanya tiga poin itu yang paling penting agar kita tidak sering membandingkan hidup orang lain dengan hidup kita. Selain itu, ketika kita mulai iri dengan kesuksesan orang lain, jadikan sebagai pelecut semangat agar bisa seperti mereka yang lebih dulu sukses.

Kita hanya perlu bersikap lebih bijak dan tidak sering membandingkan dengan pencapaian orang lain. Akan tiba saatnya kamu pun sukses dengan jalanmu dan dengan pencapaian yang berbeda pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *