Hati-Hati, Kenali 7 Bahaya Makanan Bernitrogen

Dears, kamu mungkin pernah mendengar bahkan mencoba makanan yang cara mengolahnya dengan menggunakan nitrogen. Banyak cafe di kota-kota besar yang menyajikan menu makanan ini. Nah, tahukah Dears, ternyata makanan ini berbahaya lho jika dikonsumsi secara berlebihan.

Cara pengolahannnya serta sensasi unik saat menikmatinya tentu membuat penasaran. Namun, kamu sebaiknya mengetahui apa saja bahaya dari makanan bernitrogen tersebut agar kamu terhindar dari efek negatifnya. Yuk, Dears, kita simak ulasannya berikut ini!

  1. Memicu Tumbuhnya Sel Kanker
Pict by. theconversation.com

Ketika kamu mengonsumsi makanan bernitrogen secara berlebihan, maka kandungan zat nitrogen yang menumpuk di dalam tubuh akan berubah menjadi zat karsinogenik pemicu sel kanker. Hal ini terjadi karena sebenarnya tubuh hanya dapat menetralisir jumlah nitrogen yang masuk kedalam tubuh.

Kandungan zat nitrogen juga sedikit berisiko untuk orang yang pernah terkena tumor sebelumnya, walaupun jinak sekalipun. Paparan zat nitrogen aktif akan membuatnya tumbuh menjadi sel kanker.

  1. Mengganggu Fungsi Tiroid

 

Pict by. sehatq.com

Tiroid, sebagai salah satu fungsi terpenting untuk menyeimbangkan tubuh kita ternyata bisa terganggu dengan adanya nitrogen. Nah, ketika fungsi tiroid menurun bahkan sampai tidak berfungsi maka imun tubuh pun akan ikut menurun, dan imbasnya kita akan mudah sakit.

  1. Menyumbat Aliran Darah
Pict by. makassar.tribunnews.com

Dears, ternyata mengonsumsi makanan yang diolah dengan menggunakan zat nitrogen dapat menyebabkan aliran darah terganggu lho. Hal ini terjadi karena tingkat nitrogen dalam darah meningkat. Bagaimana jika hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama? Tentu akan membuat jantungmu bermasalah ya, Dears.

  1. Menurunkan Pasokan Oksigen
Pict by. idntimes.com

Nah, ketika pasokan darah tersumbat maka tidak hanya jantung saja yang akan bermasalah. Namun, pasokan oksigen yang menuju jantung dan otak pun secara otomatis akan berpengaruh. Kemudian ketika otak kurang mendapatkan pasokan oksigen maka bisa jadi membuat kamu tidak sadarkan diri lho, Dears,

  1. Sesak Napas

 

Pict by. halodoc.com

Bahaya lain dari makanan yang mengandung nitrogen yaitu dapat menyebabkan sesak napas. Dears, dengan kemampuannya untuk mengikat oksigen di alam terbuka, oksigen cair dapat menyebabkan sesak napas.

  1. Mengurangi Asupan Vitamin A
Pict by. honestdocs.id

Selain dapat mengikat oksigen, nitrogen pun dapat mengikat vitamin A. Jadi, misalkan kamu mengonsumsi makanan bernitrogen yang didalamnya mengandung vitamin A, maka percuma saja karena secara otomatis kandungan vitamin A tersebut akan hilang. Sayang sekali ya,  Dears.

  1. Menyebabkan Luka Bakar
Pict by. lifestyle.okezone.com

Bahaya mengonsumsi makanan bernitrogen yang paling terasa yaitu nitrogen dapat membakar kulit. Beberapa dari nitrogen memiliki konsistensi yang tinggi sehingga dapat membakar kulit, apalagi jika kamu mempunyai jenis kulit yang sensitif.

Nah, setelah mengetahui bahaya dari makanan yang diolah dengan nitrogen tersebut. Maka mulai sekarang kamu harus lebih bijak ketika hendak mengonsumsinya ya Dears, jangan berlebihan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *