Hati-Hati! 5 Kesalahan saat Merawat Jerawat Ini Sering Dilakukan Wanita, lho!

Memiliki kulit sehat bebas jerawat tentunya telah menjadi impian semua wanita. Tak sedikit wanita yang rela mengeluarkan uang untuk mendapat perawatan jerawat yang mahal, baik berkonsultasi dengan dokter atau dengan produk-produk perawatan. Namun, terkadang para wanita tidak menyadari  kesalahan saat merawat jerawat.

Berikut adalah lima kesalahan saat merawat jerawat yang sering dilakukan wanita.

1. Menggunakan Produk yang Berbahan Dasar Alkohol atau Oil Free.

 Foto: Google.com

 

Produk berbahan alkohol atau oil free adalah lelucon terbesar yang diciptakan oleh industri. Karena sebenarnya, kulit berminyak adalah kulit yang dehidrasi, sehingga kulit akan terus menerus mengimbangi dehidrasi tersebut dengan menghasilkan minyak yang berlebih untuk melembabkan kulit secara alami. Seperti yang kita tahu bahwa minyak adalah pelembab alami kulit kita dan jika kita membersihkannya dengan toner, alkohol, atau pelembab bebas minyak, kulit akan semakin rusak dan tidak bisa bekerja dengan baik.

2. Menggunakan Produk dengan Label “Acne Skin Care” 

Foto: Google.com

 

Pernahkah kamu menemukan atau menggunakan perawatan dengan label sejenis? Jika iya, maka kamu harus menghentikannya sekarang! Hal ini hanya menyembuhkan masalah permukaan tanpa membersihkan dari dalam, sehingga bagian akar atau dalam kulit tetap memiliki masalah dan dapat meledak kapan saja. Ketika kamu memakaikan perawatan di seluruh wajah, termasuk kulit yang tidak berjerawat, ini dapat mengeringkan dan menyebabkan lebih banyak jerawat.

3. Mencuci Wajah Secara Berlebihan

Foto: Google.com

Berjerawat bukan berarti jorok sehingga kamu harus mencuci wajah terus menerus. Hal ini hanya akan memicu jerawat semakin bermunculan dengan membuat kulit kalian bertambah rapuh dan rentan. Hal ini juga mengikis kelembapan alami sehingga merusak keseimbangan kulit.

4. Menggosok Wajah dengan Scrub

Foto: Google.com

 

Jika kamu adalah tipikal yang mengandalkan scrub wajah, maka lebih baik hentikan kebiasaan itu sekarang. Mereka tidak melakukan apa pun terhadap kulitmu selain menyabotase kulit karena sebenarnya, jerawatmu adalah luka dan bekas luka. Dengan scrub yang kasar, kamu hanya akan memperparah keadaan. Tidak hanya membuat kulitmu semakin rentan, kamu juga menginfeksi bagian kulit yang lain. Lebih dianjurkan jika kalian membersihkan kulit menggunakan eksfoliator kimia yang mengandung AHA dan BHA karena dua bahan itu dapat mendorong laju pertumbuhan sel kulit secara alami.

5. Menggunakan Bahan yang Membuat Kulit Menjadi Sensitif

Foto: Google.com

 

Sering kali kita menemukan produk berbau wangi yang bersembunyi di balik nama ‘lavender oil’ , atau ‘orange peel oil’, dan lain-lain. Padahal sebenarnya, produk wewangian dengan berbahan dasar alkohol atau parfum itu dapat membuat kulit kita menjadi sensitive dan rentan sehingga tidak menutup kemungkinan jerawat akan semakin membandel.

Nah, itu adalah 5 kesalahan saat merawat jerawat yang sering dilakukan oleh wanita. Sebisa mungkin kita harus menghindarinya agar kulit wajah kita menjadi lebih sehat secara natural tanpa mengeluarkan kocek mahal.

 

*Artikel merupakan kiriman dari kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *