Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk saat Puasa Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik

Puasa tidak hanya ibadah wajib dalam agama Islam, namun puasa juga baik untuk kesehatan. Menurut penelitian, puasa bisa memperbaiki metabolisme tubuh sekaligus mengurangi lemak dalam tubuh. Logikanya, memang dengan mengurangi waktu dan porsi makan, seharusnya puasa bisa membuat jadi lebih kurus. Nyatanya, ada orang yang mengalami kenaikan berat badan ketika berpuasa. Hal tersebut bisa disebabkan dari kebiasaan buruk saat puasa.

Kebiasaan buruk yang bisa membuat berat badan naik ketika puasa berhubungan dengan pola makan dan pola tidur. Saat melakukan puasa, baik pola makan maupun pola tidur memang mengalami banyak perubahan. Jika tidak pandai dalam beradaptasi, pola makan dan pola tidur yang buruk justru akan menimbulkan masalah. Agar tidak demikian, kenali beberapa kebiasaan buruk ini untuk bisa menghindarinya.

Tidur Setelah Sahur

Sahur selalu dilakukan ketika dini hari. Setelahnya, banyak orang melanjutkan tidur malamnya hingga pagi menjelang bahkan sampai hampir siang. Ternyata tidur setelah sahur termasuk kebiasaan buruk saat puasa. Kebiasaan tersebut membuat lemak menumpuk dan kalori tidak bisa terbakar yang akhirnya bisa menimbulkan obesitas. Kebiasaan buruk inilah yang dipercaya menjadi penyebab berat badan naik ketika puasa.

Tidak Makan Sahur

Tak sedikit orang yang melewatkan waktu makan sahur ketika puasa Ramadan. Alasannya bisa beragam, seperti tidak sempat bangun atau memang ingin mengurangi porsi makan. Tapi tahukah kamu kalau hal tersebut justru memicu keinginan makan yang berlebihan ketika berbuka? Tentu saja, makan berlebihan saat berbuka bisa membuat kalori dan lemak menumpuk. Sementara tubuh tidak banyak beraktivitas setelah berbuka. Alhasil, lemak dan kalori bisa membuat berat badan naik.

Makan atau Minum Manis Terlalu Banyak

Salah satu anjuran ketika berbuka puasa adalah menyantap makanan atau minuman yang manis. Anjuran tersebut tentu saja baik ketika tidak berlebihan. Dengan kata lain, makan atau minuman manis yang terlalu banyak bisa menyebabkan masalah. Makan dan minuman manis menjadi penyumbang gula terbanyak yang bisa membuat berat badan meningkat serta menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes dan jantung kronis.

Kurang Tidur

Karena ada jadwal makan sahur, seseorang bisa berisiko kekurangan waktu tidur. Ketika tidak cukup tidur, hormon dalam tubuh bisa merangsang rasa lapar berlebih dan nafsu makan meningkat drastis. Agar kebiasaan buruk saat puasa ini tidak menjadikan masalah, segera atur jadwal tidur sampai memenuhi kebutuhan tubuh. Jangan tidur terlalu malam dan gunakan waktu di siang hari untuk beristirahat.

Enggan Berolahraga

Puasa sering menjadikan seseorang malas melakukan aktivitas, terlebih olahraga karena alasan tubuh lemas. Padahal enggan berolahraga termasuk dalam kebiasaan buruk saat puasa yang bisa menimbulkan kegemukan. Tubuh yang dibiarkan bermalas-malasan menjadi tidak aktif. Selanjutnya, kalori dan lemak terus terpendam dalam tubuh tanpa ada pembakaran. Tidak perlu olahraga berat selama berpuasa agar tetap kuat menjalani hingga waktu berbuka. Pilih olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda atau berenang di sore hari.

Puasa akan benar-benar memberikan manfaat dalam menyehatkan tubuh jika dilakukan dengan benar. Untuk itu, agar ibadah puasa bisa berbuah pahala sekaligus kebaikan bagi tubuh, hindari lima kebiasaan buruk saat puasa. Menghindari kebiasaan buruk tersebut juga bisa membuat tubuh tetap segar dan bugar meski sedang berpuasa.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *