Haidmu Enggak Teratur? Coba Tips Sehat Ini, yuk!

Dears, siklus haid bisa menjadi suatu dilema tersendiri bila tidak teratur. Normalnya, siklus menstruasi itu 28-35 hari dan durasi menstruasi ialah 2 sampai 7 hari. Namun ketika siklus haid datang lebih cepat atau terlambat, seringkali membuat rasa was-was di hati. Belum lagi dengan keadaan tubuh yang mudah drop, pastinya membuatmu tidak nyaman.

Ternyata ada beberapa penyebab mengapa perempuan haidnya tidak lancar. Faktor haid tidak teratur bisa dari hormon yang tidak seimbang atau karena faktor kelelahan, stres, pola hidup, makan yang tidak sehat, dan sebagainya.

Agar haid kamu selalu teratur dan tepat waktu, kamu bisa memulainya dengan cara yang alami. Kunci utamanya adalah dengan menjaga pola hidup dan kebiasaan sehat. Misalnya, dengan mengikuti lima tips sederhana berikut ini.

 

Jauhi Hal – hal yang Membuatmu Stres

Tahu enggak Dears, kalau salah satu penyebab telatnya haid bisa jadi karena stres? Jika kamu tak ingin telat haid, usahakan untuk tidak stres dengan menjauhi hal-hal yang dapat mengganggu pikiranmu.

Buat tubuhmu jadi rileks, bisa dengan berendam air hangat, atau meluangkan waktu khusus agar kamu mendapatkan istirahat cukup dan teratur setiap harinya. Jika stres dapat diatasi dan dikelola dengan baik, maka siklus haidmu akan teratur dengan sendirinya.

 

Batasi Konsumsi Makanan Junk Food dan Menggunakan Pemanis

Dears, penting sekali untuk kamu menjaga pola makan sehat agar haidmu teratur. Yakni dengan membatasi konsumsi makanan junk food, makanan instan rendah gizi, dan makanan yang mamakai banyak pemanis.

Ada baiknya kamu perbanyak makan sayur dan buah agar gula darah bisa stabil kembali dan produksi kortisol dalam tubuh pun tak lagi berlebihan. Perbanyak juga konsumsi buah seperti mangga dan nanas secara teratur agar suhu tubuh basal meningkat, sehingga dapat membantu haidmu lebih lancar, Dears.

 

Mengontrol Berat Badan

Salah satu hal yang menyebabkan haid tidak teratur bisa jadi karena kegemukan. Pasalnya, jaringan lemak yang menumpuk di tubuh dapat menyebabkan perlepasan estrogen, yang dapat mengakibatkan keluarnya darah haid menjadi berlebihan atau heavy periods.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Hal tersebut terjadi karena dinding rahim dapat terstimulasi oleh estrogen yang mempengaruhi ovulasi. Agar haid kamu rutin, penting sekali untuk menjaga berat badan stabil. Dengan begitu kamu bisa mengupayakan agar kadar estrogen dan kolesterol juga stabil.

 

Melakukan Gerakan Yoga

Pada dasarnya, olahraga dapat membantu kamu untuk redakan stres dan juga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Olahraga yang disarankan supaya haid teratur ialah yoga. Standing pose seperti half moon dan triangle dapat dilakukan untuk merilekskan otot panggul. Sejumlah gerakan yoga yang sederhana bisa kamu lakukan untuk membuat otot tubuh rileks dan dapat membantu siklus haid lebih lancar lagi.

 

Cukupi Kebutuhan Vitamin C pada Tubuh

Batas dosis vitamin C yang dikonsumsi baiknya tak melebihi 60 mg per hari. Penuhi kebutuhan vitamin C tiap harinya agar dapat membantu melancarkan haid. Sumber vitamin C bisa diperoleh dari berbagai jenis buah dan sayuran.

Salah satu buah yang kaya akan Vitamin C yaitu jambu biji. Jambu bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Dan Imbangi juga dengan minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Setidaknya 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar sirkulasi darah dalam tubuh lancar.

Itulah lima tips sederhana yang bisa kamu coba agar siklus haidmu teratur dan tepat waktu. Setidaknya dengan menjaga pola hidup dan kebiasaan baik membuat tubuhmu sehat dan nilai plusnya, haid kamu jadi lancar setiap bulannya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *