Goals yang Salah Hanya Akan Membuatmu Stres Karena Tak Mampu Mencapainya

Tahun sudah berganti, resolusi baru mulai ditetapkan untuk menjalani satu tahun ke depan menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun apakah resolusi dan berbagai goals yang kamu tetapkan sudah tepat dan kamu yakin mampu mewujudkan semuanya?

Banyak di antara kita saat tahun akan berganti ataupun ketika sudah memulai tahun yang baru mulai menetapkan goals yang akan dilalui dan akan diwujudkan. Berharap semua goals yang ditulis dapat terwujud sesuai keinginannya agar kehidupan tahun ini setidaknya lebih baik dari tahun sebelumnya.

Akan tetapi terkadang masih banyak yang kurang tepat bahkan salah dalam menetapkan goals yang akan dicapainya pada tahun ini. Yap! goals yang salah justru membuatmu stres ketika gagal menjalani dan mewujudkan apa yang sudah kamu tetapkan.

1. Tetapkan Goals yang Lebih Mudah di Logika

Image by Pinterest

Ketika menetapkan goals atau resolusi yang ingin dicapai, pastikan bahwa goals tersebut kamu tahu yang akan kamu lakukan. Jangan sampai menetapkan goals yang sulit untuk di logika hanya karena terkesan kurang wow untuk dilakukan. Justru apapun goals yang sudah ditetapkan pikirkan terlebih dahulu apakah bisa untuk diwujudkan dalam batas waktu yang diinginkan untuk mencapainya.

2. Goals Tidak Harus Sesuatu yang Berlebihan

Image by Pinterest

Yap! masih banyak yang menetapkan goals yang wow dan terkesan berlebihan. Padahal percuma saja ketika menetapkan goals yang berlebihan dan terlihat wow tapi diri sendiri tidak mampu untuk berprogress saat mewujudkan goals yang sudah ditetapkan tersebut.

3. Menetapkan Goals yang Sulit Dilakukan Diri Sendiri

Image by Pinterest

Saat menulis goals apa saja yang ingin diwujudkan dalam satu bulan, lima bulan atau satu tahun ke depan pastikan bahwa diri kita mampu untuk melakukannya. Percuma saja ketika menuliskan goals yang sudah direncanakan tapi diri kita merasa keberatan dan tidak ada kemajuan untuk mewujudkan goals tersebut. Rasanya sia-sia saja menulis goals tapi ternyata diri sendiri tidak sepenuhnya mampu untuk melakukannya karena merasa kesulitan.

4. Tidak Terfokus pada Hasil, Tapi pada Proses yang Dilalui

Image by Pinterest

Apasih yang sebenarnya menjadi tujuan ketika menulis goals atau resolusi di setiap perubahan tahun? Hasil yang didapat sesuai ekspektasi ketika menulis goals tersebut? Atau justru proses dan progress ketika berusaha mewujudkan goals itu sendiri. coba deh tanyakan lagi pada diri kita sendiri. Ketika fokusnya dengan hasil harus sesuai ekspekstasi, kita akan merasa terbebani dan tidak enjoy dalam berproses mencapai goals tersebut. Pada akhirnya akan merasa stres sendiri ketika hasilnya tidak sesuai dengan ekspekstasi kita pada awalnya.

5. Komitmen yang Jelas dan Pasti

Image by Pinterest

Memiliki goals yang harus bisa dilakukan dan diwujudkan bisa dikiaskan seperti saat kita mengikuti lomba lari. Untuk bisa menang harus konsisten dan memiliki komitmen yang jelas agar lari yang dilakukan bisa stabil dan mampu mencapai garis finish dengan tepat bahkan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Begitu juga ketika memiliki goals, harus bisa berkomitmen dan konsisten dalam melakukannya agar apa yang sudah ditulis bisa terwujud sesuai apa yang diinginkan.

So, gimana dengan kamu Dears? apakah goals yang kamu tetapkan sudah sesuai dengan kapasitas kemampuanmu untuk bisa mewujudkannya. Jika kurang sesuai dan dirasa sulit untuk bisa mewujudkannya, mungkin kamu harus mengubah goals kamu untuk lebih mudah dilakukan dan pastinya kamu juga mampu mencapainya sesuai apa yang kamu tulis. Jangan sampai stres karena tidak bisa melakukan seperti goals yang kamu tulis ya, Dears. Kenali batas kemampuanmu dan semangat untuk setiap goals yang kamu tetapkan.

 

Featured image: Photo by Ruslan Zzaebok on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *