Galau Ditinggal ART Mudik? 6 Tips Berikut Bisa Bantu Atasi Galaumu, Dears!

Saat Lebaran tiba, para ibu rumah tangga biasanya dibuat khawatir dengan ditinggal mudik para Asisten Rumah Tangga (ART) dalam kurun waktu seminggu lebih. Otomatis pekerjaan rumah, seperti mencuci piring dan baju, menyetrika, bersih-bersih rumah, memasak, sampai berbelanja ke pasar terpaksa dikerjakan sendiri.

Jika sudah seperti ini, tidak jarang si ibu mengeluh capek atau letih. Belum lagi jika ibu punya balita aktif, pekerjaan rumah tidak bisa terkendali dan akhirnya menumpuk. Penderitaan bertambah, bila sang ART tidak kembali lagi. Ini akan jadi persoalan yang rumit. Pasalnya, mencari ART di Jakarta atau kota besar lainnya tidak semudah yang dibayangkan, meski banyak agen penyalur ART yang siap membantu.

Kamu galau dengan semua permasalahan itu, Dears? Tenang, beberapa tips berikut bisa bantu atasi masalahmu. Apa sajakah itu?

1. Memanfaatkan Aplikasi Jasa Rumah Tangga

Beberapa aplikasi berikut bisa membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, lho.

A. Kliknklin

Adalah solusi untuk cucianmu yang menumpuk. Aplikasi binatu online ini memiliki layanan antar jemput laundry pakaian, helm, boneka, sepatu, gorden, hingga baby stroller lho.

Jika kamu sudah mengunduh aplikasi di ponsel lewat Google Play Store dan App Store, Kamu bisa langsung setting lokasi dan mencari layanan sesuai kebutuhan. Untuk tarif laundry sendiri bisa kiloan cuci kering gosok, atau cuci kering lipat saja, yakni enam ribu rupiah per kg.

B. Mencari ART Sementara di GoMaid

Kamu bisa mengakses GoMaid di aplikasi ponsel maupun website. Seperti tertera di laman resmi GoMaid, ada paket untuk jasa harian dan bulanan. Fulltime tinggal atau live in dan pulang atau live out, dengan jam kerja lebih dari 30 jam per minggu, serta partime (live out). Untuk tarifnya bervariasi, tergantung kebutuhan dan anggaranmu, Dears, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

C. Bersih-bersih Rumah Tinggal Order Go-Clean

Aplikasi ini adalah salah satu variasi dari aplikasi GoJek. Cocok buat kamu yang sedang capek atau tak punya waktu untuk bersih-bersih rumah saat Lebaran.

Area yang dibersihkan seperti kamar tidur, dapur, ruang makan, bahkan kulkas dan menyetrika pakaian.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Go-Life, lalu pilih menu Go-Clean. Di situ terdapat macam-macam layanan kebersihan yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhanmu.

Tarifnya tergantung durasi atau waktu pengerjaan. Untuk durasi 1 jam Rp50.000,00 dan paling mahal Rp260.000,00 selama 6 jam (jika menggunakan peralatan Go-Clean). Sementara jika menggunakan peralatan kebersihan milikmu sendiri, tarifnya Rp40.000,00 per jam hingga Rp215.000,00 per 6 jam. Kamu juga bisa memilih petugas yang akan bersih-bersih, wanita atau pria.

D. Belanja Sembako di HappyFresh

Kalau mau coba sesuatu yang baru? Aplikasi HappyFresh bisa jadi pilihan, selain belanja sembako di market place ternama. Belanja online di sana sama seperti belanja di supermarket besar, pilihan barangnya lengkap dan biasanya ada diskon. Segera instal yuk, Dears, untuk mengecek ada diskon apa saja!

E. Beli Gas Elpiji dan Isi Ulang Galon Air Minum di KlikDaily atau GoDaily

KlikDaily, adalah aplikasi belanja untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk tabung gas elpiji dan isi ulang air minum. Tentu saja, dengan memanfaatkan merchant atau toko yang bekerja sama dan dekat dengan lokasi tempat tinggalmu. Barang akan diantar ke alamatmu dengan sistem pembayaran di tempat.

Jika sudah punya aplikasi Go-Life, Kamu juga bisa menggunakan layanan Go-Daily yang menawarkan pengiriman galon dan elpiji ukuran 5,5 kg dan 12 kg. Jadi tinggal duduk manis di rumah, enggak usah repot, ya.

F. Mau Beli Makan, Tinggal Pesan Grab Food atau Go-Food

Sudah tahu ‘kan ya, aplikasi Grab dan Go-Jek bisa buat pesan makanan atau minuman? Kalau kamu lagi malas gerak alias mager, tinggal pesan Grab Food atau Go-Food, bayar pakai uang tunai atau dompet digital OVO atau Go-Pay, beres. Enggak perlu ribet masak sendiri atau pergi ke luar untuk cari makan. Paling kamu cukup mengeluarkan biaya untuk makanan atau minuman dan ongkos antar.

2. Gotong Royong Antar Anggota Keluarga

Selain berbagai aplikasi rumah tangga tadi yang sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan rumah, gotong royong semua anggota keluarga pun sangat membantumu dalam masa-masa kiris ditinggal ART mudik lho, Dears.

Komunikasikan dengan pasangan serta anak-anak, bahwa kamu memerlukan kerjasama dalam penyelesaian pekerjaan rumah agar bisa selesai lebih cepat dan efisien. Bentuk kerjasamanya adalah dengan pembagian tugas yang di sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Contohnya, saat kamu memasak, minta tolong si sulung untuk menjaga adik atau bermain bersama, lalu suami menyapu halaman atau bagian mengepel lantai. Dengan kerja sama yang baik, maka saat pembantu mudik kapan pun tidak akan jadi masalah besar, bahkan pengeluaran tetap aman terkendali. Melalui kerjasama antar anggota keluarga, bounding yang terjalin antara ibu, ayah, anak, serta anggota yang lainnya yang ada dalam rumah tersebut akan semakin kuat juga, karena satu sama lain merasakan beban yang sama dan ikut andil dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.

Buatlah jadwal tertulis beserta daftar pekerjaan masing-masing yang sudah disepakati, tempel di area yang bisa dilihat oleh semua anggota keluarga. Jika perlu, sertakan waktu mulai dan batas penyelesaian dari masing-masing pekerjaan rumah yang telah dibuat. Dengan begitu, setiap anggota keluarga akan mematuhi kesepakatan yang telah ditulis dan semacam menjadi panduan tiap harinya harus melakukan apa.

3. Tidak Menumpuk Cucian Piring 

Jujur saja, jika melihat cucian piring sudah menggunung tinggi, siapa yang tak pusing dan eneg terlebih dahulu? Memang, mencuci piring sekaligus akan memangkas waktu karena dilakukan hanya sekali dalam sehari. Jika kamu sanggup melakukannya sendiri saat kondisi rumah sudah sepi, tamu sudah tidak ada lagi yang datang ke rumah, maka mencuci piring dengan membiarkannya menggunung sampai akhir hari dengan alasan keefektifan waktu, silakan lakukan, dengan catatan, kamu senang melakukannya, tidak stres dan punya stok piring banyak.

Namun, jika kamu merasa mencicil cuci piring tiap habis makan adalah lebih baik, maka lakukan sesuai pilihanmu. Kebiasaan bagus ini bisa kamu ajarkan pada anak-anak dan anggota keluarga lainnya agar mereka melakukan hal yang sama, yakni mencuci piring langsung setiap habis makan.

4. Kurangi Aktivitas Outdoor  yang Menguras Banyak Keringat

Hal ini berkaitan dengan jumlah baju ganti yang akan kamu dan anggota keluargamu kenakan. Karena pembantu tak ada, maka lebih bijaklah dalam bergonta-ganti busana. Jika dirasa masih layak pakai dan tidak beraroma menyengat, baju tidur bisa kamu ganti dua hari sekali, misalnya.

Kurangi aktivitas yang menguras keringat sehingga memerlukan baju ganti berlebih. Beritahu hal ini pada anak-anak agar melakukan hal yang sama.

5. Stok Makanan Siap Saji di Mesin Pendingin

Setelah Lebaran, penjual sayur atau makanan akan jarang kamu temui. Anak-anak akan bosan jika makanan yang dikonsumsi berkutat pada olahan ayam atau daging. Oleh karenanya, sebelum libur tiba, siapkan stok makanan yang sekiranya bisa kamu masak sampai libur tiba, demi mengantisipasi sedikitnya penjual bahan makanan setelah Lebaran.

6. Siapkan Rencana Cadangan Jika ART-mu Tak Kembali Pulang

Sudah jadi cerita umum bahwa para pembantu tak kembali pulang setelah masa libur Lebaran usai. Kamu harus siapkan mental dan cadangan rencana jika hal ini terjadi. Bisa dengan sebelumnya meminta tolong saudara di kampung untuk dicarikan ART cadangan, atau buat perjanjian dengan ART-mu sebelum mudik, untuk memastikan mereka kembali bekerja setelah libur Lebaran.

Dears, itulah 6 tips yang bisa kamu lakukan saat ditinggal mudik oleh Asisten Rumah Tangga (ART) selama libur Lebaran. Jika sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari awal, kamu tidak akan galau lagi. Bagaimanapun, berjaga-jaga sebelumnya lebih baik daripada tidak ada persiapan sama sekali, bukan?

Selamat mencoba dan tetap bahagia meski Kamu harus berjibaku dengan pekerjaan rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *