Fakta Menarik Di Balik Lagu ‘Aisyah Istri Rasulullah’ Sang Oase di Tengah Gersangnya Zaman. Bikin Ketagihan!

Sepertinya, tidak ada yang belum pernah mendengarkan lagu ‘Aisyah Istri Rasulullah’, ya, Dears. Di Youtube ada lebih dari sepuluh versi yang bisa kamu nikmati. Sebuah lagu yang mendiskripsikan kisah cinta Nabi Muhammad SAW dengan Aisyah RA. Yang membuatnya menarik, cover lagu ini merajai trending satu hingga sepuluh di Youtube. Ini merupakan sebuah fenomena yang langka, sekaligus menggembirakan.

Dari grup gambus Sabyan, hingga penyanyi kawakan Andre Taulany meng-cover lagu berjudul nama istri sang Nabi terakhir ini. Yang paling banyak ditonton adalah cover lagu versi dari Syakir Daulay, tercatat lebih dari 30 juta kali ditonton. Ternyata ada fakta menarik dibalik lagu yang sedang booming dan digandrungi para netizen di Indonesia. Apa saja, simak, yuk.

Lagu Malaysia

sumber sriwijaya post-tribunnews

‘Aisyah Istri Rasulullah’ merupakan lagu milik Projector Band asal Malaysia. Lagu ini awalnya berjudul Aisyah a.k.a. Satu Dua Tiga Cinta Kamu. Kemudian Mr.Bie mengadaptasi liriknya dengan judul baru Aisyah RA. Awalnya lagu ini dipersembahkan untuk sang istri yang kebetulan memiliki nama yang sama. Hampir 90% lirik diubah dan menceritakan tentang keromantisan kisah Nabi Muhammad SAW dan Aisyah RA.

Lagu yang sejak tahun 2017 sudah diupload di Youtube ini, baik oleh Projector Band maupun VitaminBie, kemudian di cover oleh grup gambus Sabyan di tahun 2020 dan menjadi trending. Kemudian, beberapa cover versi lain mulai bermunculan, dan hebatnya hampir keseluruhan cover lagu ini menduduki trending chart.

Pro dan Kontra

liputan6.com

Keberhasilan lagu ini mendominasi trending chart, ternyata diikuti oleh banyak pro dan kontra. Ada sebagian ulama yang merasa lagu ini lebih baik diubah serta lebih menonjolkan sisi kecerdasan dan kesholihahan sang Ummul Mukminin. Namun, ada juga yang menilai lagu ini memberi pengaruh positif, bahwa semakin banyak yang mengetahui sisi romantis sang Nabi dalam memperlakukan istrinya. Hal ini bisa menjadi sarana dakwah baru yang mengena bagi para kaum milenial.

Di sisi lain, pro dan kontra tentang bagaimana asal usul dan hak cipta lagu ini juga ramai dibicarakan. Dari Projector band sebagai pencipta dan komposer lagu Aisyah, merasa keberatan bila penyanyi yang membawakan lagu ini, tidak menyertakan keterangan ‘cover’ pada video yang diupload. Hal ini dikarenakan adanya permasalahan izin dan hak moral untuk diakui, yang memang merupakan hak sang pencipta lirik dan komposernya. Padahal yang menjadi trending di Youtube Indonesia adalah versi kedua, yang telah diadaptasi oleh Mr.Bie. Update terkini, bahkan lirik adaptasinya pun, telah mengalami revisi dan diubah lagi menjadi versi lain, diluar lagu aslinya.

Efek Luar Biasa

sumber brilio

Diakui oleh salah satu musisi kenamaan Indonesia, Anji, bahwa fenomena lagu ‘Aisyah Istri Rasulullah’ ini belum pernah terjadi sebelumnya. Sebuah lagu yang dinyanyikan dalam puluhan versi dan keseluruhannya menduduki trending chart. Lagu ini amat bagus dari segi komposisi nada, dan liriknya memiliki arti yang sangat mendalam. Sebuah lagu islami yang menceritakan sisi lain dari Nabi Muhammad SAW, sang manusia pilihan.

Melalui lagu ini, banyak yang penasaran seperti apa sosok sang nabi akhir zaman juga Aisyah RA, sang perempuan pilihan, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu, untuk mempelajari sejarahnya. Hal ini membawa dampak luar biasa dan diharapkan menjadi permulaan yang baik untuk lebih mengenalkan Islam dan ajarannya kepada masyarakat luas. Bahwa Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh, bagaimana seharusnya bersikap romantis kepada istrinya.

Terlepas dari suka, tidak suka, pro, dan kontra dibalik lagu fenomenal ini, ‘Aisyah Istri Rasulullah’ mampu memberikan rasa adem dan sejuk bagi pendengarnya. Ternyata lagu religi mampu bersaing dengan lagu kontemporer yang banyak peminatnya. Sebagai pendengar dan penikmat musik, selayaknya kita mengambil sisi positif dari lagu ‘Aisyah Istri Rasulullah’ untuk dijadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari, ya, Dears.

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *