Fakta Menarik Dalgona Coffee, Minuman Kopi Viral di Tengah Wabah Corona

Pandemi Corona menyebabkan seluruh masyarakat dunia termasuk Indonesia harus mematuhi aturan pemerintah untuk tinggal di rumah. Bahkan aktivitas belajar di sekolah juga diliburkan agar para pelajar bisa belajar dari rumah. Para pekerja juga banyak yang harus melakukan pekerjaan dari rumah atau yang dikenal dengan sebutan work from home. Di tengah begitu ramainya berita tentang persebaran virus Corona, ada satu minuman yang menjadi viral saat ini yaitu Dalgona Coffee.

Dalgona Coffee atau kopi Dalgona merupakan minuman berbahan dasar bubuk kopi dengan bahan tambahan lainnya seperti susu. Menu minuman manis ini mendadak langsung hits bersamaan dengan ramainya anjuran untuk masyarakat agar melakukan upaya-upaya pencegahan penularan virus Corona. Bisa dibilang, kopi Dalgona menjadi tren minuman kekinian di masa-masa sulit. Yuk, cari tahu apa fakta menarik dari minuman ini!

Berawal dari Korea Selatan

Segala hal yang berbau Korea Selatan memang sangat cepat mendominasi tren di seluruh dunia. Termasuk salah satunya adalah minuman kopi Dalgona ini. Korea Selatan juga merupakan salah satu negara yang terkena dampak penularan virus Corona. Warga negara tersebut yang pertama kali mengenalkan minuman kopi yang sekarang sedang viral itu. Awalnya minuman ini dikenalkan karena sebuah tantangan untuk mencoba resep.

Lahir dari Kebosanan

Sebagai negara yang juga terdampak virus Corona, Korea Selatan juga mengharuskan warganya untuk tidak beraktivitas di luar rumah. Nyatanya aktivitas di dalam rumah tidak membuat warga Korea Selatan kehabisan ide untuk berkreasi. Di tengah kebosanan yang melanda akibat harus tinggal di rumah cukup lama, menu Dalgona Coffee ini kemudian dikreasikan. Hingga minuman ini berhasil menjadi perbincangan di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Harus Diaduk Tanpa Lelah

Ciri khas minuman kopi Dalgona yang berhasil membuat banyak orang penasaran adalah tekstur lembutnya yang tampak di bagian paling atas sajian minuman ini. Tekstur foam yang creamy itu ternyata tidak dihasilkan dengan cara yang mudah. Di berbagai tutorial pembuatan kopi ini menyarankan untuk diaduk sebanyak 400 kali agar bisa menghasilkan tekstur lembut yang sempurna. Di sinilah letak tantangan pembuatan kopi Dalgona. Jangan khawatir, tekstur seperti itu bisa dihasilkan dengan alat mixer jika tidak mau lelah mengaduk.

Siapa Saja Bisa Membuatnya

Jika diperhatikan, Dalgona Coffee ini sangat mirip dengan minuman-minuman kekinian yang tersedia di kafe. Namun ternyata, siapa saja bisa membuat kopi ini. Bahkan sampai sekarang sudah banyak orang yang berhasil membuat kopi ini sambil menikmati waktu di rumah saat pandemi Corona masih menyerang.  Bahan-bahan untuk membuatnya juga tidak sulit didapat. Jadi, tidak perlu menunggu kafe kembali buka untuk bisa menikmati minuman bertekstur unik ini karena minuman ini bisa dibuat sendiri di rumah.

Memunculkan Banyak Kreasi Lainnya

Kemunculan tren kopi Dalgona nyatanya berhasil mengalihkan sedikit perhatian masyarakat dari virus Corona. Ditambah, kopi ini juga menjadi penyebab munculnya banyak kreasi minuman lainnya. Selain kopi Dalgona, banyak juga yang membuat minuman serupa dengan bahan lain. Jika Dalgona Coffee menggunakan bubuk kopi, resep lain memanfaatkan bahan berbeda seperti bubuk greentea, Milo atau bahan lainnya yang menghasilkan tekstur yang sama namun dengan sebutan yang berbeda.

Tidak Disarankan untuk Penderita Maag

Meski kopi Dalgona tengah viral, bukan berarti minuman ini bisa dikonsumsi semua orang. Sebelum memutuskan untuk menikmatinya, terlebih dahulu pastikan tidak memiliki masalah kesehatan pada lambung, seperti maag. Pasalnya minuman ini berbahan dasar kopi yang tidak baik bagi penderita maag. Jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membuat kopi Dalgona agar tidak terjadi masalah yang serius.

Wabah Corona memang menyita perhatian dunia dan membuat sebagian besar masyarakat merasakan kesedihan dan kesulitan. Namun di balik semua musibah ini, ternyata masih ada sisi lain yang bisa dinikmati, salah satunya minuman hits Dalgona Coffee. Fakta-fakta menarik kopi Dalgona di atas bisa menjadi referensi untuk beraktivitas di rumah selama pandemi Corona belum reda.

 

Featured image: Photo on insider
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *