Direndahkan Saat Terpuruk, Begini Cara Menyikapinya agar Tidak Membuat Hatimu Terluka

Dears, kamu tentu sering mendengar sebuah ungkapan yang berbunyi, “Kehidupan ini seperti roda pedati…”

Ungkapan tersebut seolah mengingatkan kita bahwa kehidupan yang kita jalani selalu akan berubah, ada kalanya berada di atas, namun suatu saat bisa saja berada di bawah.

Pada saat kita berada di atas, biasanya banyak orang yang mudah mendekat, ingin berteman, bahkan selalu ada kata-kata sanjungan terhadap diri kita. Tetapi malangnya, ketika terjatuh dan berada di titik nadir terbawah, beberapa teman dekat pun bisa meninggalkan kita. Dan yang membuat hati semakin terluka, ketika ada kata-kata negatif yang merendahkan, sehingga semakin terasa sakitnya bagi seseorang yang sedang terjatuh. Walaupun kita menyadari perjalanan hidup memang seperti roda pedati, namun terkadang kita tidak siap pula ketika mendengar kata-kata negatif yang merendahkan dan menghadirkan rasa sedih yang semakin mendalam.

Dears, agar kata-kata merendahkan tidak melukai hatimu, mari menyikapinya dengan cara ini.

Jadikan Pemicu untuk Bangkit Kembali

Kata-kata merendahkan memang menyakitkan. Namun kamu harus menjadikannya pemicu untuk bisa bangkit dari keterpurukan. Kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu bisa berubah ke arah yang lebih baik lagi. Jika sudah berhasil membuat kehidupanmu lebih baik, mereka yang merendahkanmu pun akan merasa menyesal karena sudah menyepelekanmu. Jadi kamu harus berusaha terus berjuang dan pantang menyerah sebelum berhasil.

Bersikap Masa Bodoh dengan Orang yang Merendahkanmu

Hindari orang-orang yang merendahkan dirimu. Kalau harus bertemu, abaikan saja perkataan yang meremehkan dan merendahkanmu. Jangan terlalu dipikirkan. Kuatkan hatimu. Carilah teman yang bisa menghargai dirimu dalam keadaan apa pun. Yakinlah, masih ada orang-orang yang tulus, yang bisa menerima dirimu apa adanya.

Tetap Optimis dan Selalu Berpikir Positif

Kamu harus yakin bisa melewati keadaan yang tidak nyaman ini. Percayalah bahwa keadaan ini hanya sementara saja. Yang penting, kamu terus gigih berusaha. Perkataan negatif dari orang lain tidak akan berpengaruh terhadap dirimu. Kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu mampu meraih kehidupan yang lebih baik lagi agar nantinya mereka berhenti meremehkanmu. Jika kamu sudah berhasil, bisa jadi mereka juga akan menghargai kegigihan perjuanganmu.

Dears, memang tidak mudah menyikapi kata-kata yang menyakitkan. Tapi kita harus berusaha menata hati, agar tidak semakin terpuruk karena terpengaruh perkataan negatif. Ingatlah, Dears, di saat terpuruk itu kita memang harus benar-benar kuat agar tidak semakin terjatuh lagi dan kita harus bisa fokus untuk berusaha bangkit kembali. Abaikan kata-kata negatif yang menyakiti hatimu. Bila perlu, jadikanlah cambuk untuk berusaha lebih gigih lagi. Suatu hari mungkin kamu akan berterima kasih kepada mereka yang merendahkanmu, karena kata-kata pedasnyalah yang mendorongmu untuk bisa lebih maju lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *