Demi Keamanan, 5 Tips Memilih Wadah Makanan dari Bahan Plastik Ini Wajib Kamu Baca!

Dears, sebagai seorang ibu, kita pasti ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga tercinta, termasuk dalam urusan wadah makanan. Apalagi hal ini berkaitan erat dengan kesehatan. Tentunya, kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada keluarga.

Wadah dari bahan plastik saat ini memang semakin digemari. Selain desainnya yang menarik dan warnanya yang cantik, yang utama adalah karena bahannya tidak mudah pecah, sehingga sangat cocok digunakan untuk keluarga yang memiliki anak kecil.

Lantas, apa saja yang harus diperhatikan saat kita memilih wadah makanan dari bahan plastik agar aman dan nyaman digunakan sehari-hari oleh semua keluarga? Pastikan wadah tersebut memiliki standar di bawah ini ya, Dears!

Food Grade

Food grade adalah istilah untuk menjelaskan standarisasi material yang layak digunakan untuk memproduksi perlengkapan makan. Suatu material dianggap food grade apabila tidak memindahkan zat-zat berbahaya ke dalam makanan yang akan kita santap. Standarisasi ini bertujuan untuk menjaga kualitas makanan.

Ada beberapa syarat bahan untuk dikualifikasikan sebagai food grade, yaitu:

  • Tidak mengandung bahan-bahan berbahaya bagi kesehatan.
  • Tidak mengubah rasa makanan.
  • Tidak mentransfer unsur tertentu dalam makanan.

BPA Free

BPA adalah singkatan dari Bisphenol A, sebuah zat kimia yang digunakan secara luas dalam industri plastik dan mesin sejak 1960. BPA ditemukan dalam plastik polycarbonat yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuat wadah makanan, botol dan berbagai macam kemasan makanan.

Beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan BPA pada wadah makanan dapat mengontaminasi makanan yang disimpan di dalamnya. Secara klinis, BPA terbukti memberikan efek samping yang buruk bagi perkembangan otak, sifat dan masalah kesehatan lainnya pada janin, bayi dan anak-anak.

Wadah yang memiliki lambing BPA Free, menunjukkan bahwa bahan produk tersebut tidak mengandung Bisphenol A, sehingga aman untuk digunakan.

FDA Approved Material

FDA merupakan kepanjangan dari Food and Drug Administration. FDA adalah sebuah lembaga dari Amerika Serikat yang bertugas untuk:

  • Bertanggung jawab atas kebijakan-kebijakan dan supervisi terhadap makanan, suplemen diet, produk rokok, resep obat-obatan, vaksin, transfusi darah, biofarmasi, kosmetik, serta makanan dan produk hewan.
  • Membuat regulasi mengenai manufaktur, marketing, dan distribusi produk-produk tembakau sehingga dapat perlahan-lahan mengurangi pemakaian tembakau.
  • Memastikan keamanan pasokan makanan pada saat terjadi ancaman kesehatan di sebuah negara.

FDA Approved artinya barang tersebut sudah lolos uji dan dinyatakan aman digunakan oleh FDA.

PP5 Plastic (polypropylene)

Bahan jenis PP (polypropylene) ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, dan stabil terhadap suhu tinggi.

Logo M (Merk) atau R (Registered)

Seringkali kita melihat ada lambang huruf M atau R di wadah plastik. Hal itu menunjukkan bahwa produk tersebut sudah terdaftar dan terjamin keasliannya, serta merupakan merek dagang yang sudah dipatenkan, sehingga aman untuk digunakan.

Menjaga kesehatan keluarga adalah tanggung jawab kita sebagai Ibu. Selain memerhatikan asupan gizi yang dikonsumsi, memilih wadah makanan yang aman dan baik untuk kesehatan juga wajib kita lakukan. Meskipun terkadang produk yang baik memiliki harga yang lebih tinggi, tapi kesehatan keluarga tercinta jauh lebih berharga. Jadi, jangan lupa selalu perhatikan kualitas produk yang akan kamu beli ya, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *