Dears, Ternyata Bahaya, lho, Menghirup Aroma Bensin

Dears, pernahkah kamu secara tidak sengaja mencium aroma bensin dan merasa jatuh cinta dengannya? Walaupun tidak semua orang menyukai aromanya, tetapi orang yang menyukai aroma bensin mengganggap aroma tersebut menyenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Bahkan saking sukanya, membuat beberapa orang sampai kecanduan dengan aromanya.

Bensin mengandung lebih dari 150 bahan kimia, terdiri dari senyawa hidrokarbon seperti alkena, benzena, toluene, timbal dan xilena. Benzena inilah yang mengeluarkan bau manis yang bagi sebagian orang terasa menyenangkan. Tapi ingat, saat menghirup aroma bensin, reaksi tubuh menjadi bermacam-macam, sepertiĀ  sakit kepala, pusing, cepat marah, mengantuk, dan bahkan kehilangan memori. Lebih mengerikan lagi, saat menghirup aroma bensin dalam jumlah banyak, tubuh akan mengalami kejang, kehilangan kesadaran, sampai kepada kematian.

Prosesnya, saat menghirup aroma bensin, benzena yang berada di dalam bensin akan masuk ke aliran darah. Jika terpapar dalam jangka waktu lama, benzena dapat menyebabkan terjadinya leukimia. Selain benzena, bahan kimia lain yang berbahaya, yaitu timbal yang dapat menyebabkan halusinasi.

Dears, bahaya akibat terpapar aroma bensin memberikan efek jangka pendek dan jangka panjang. Di antara dampak yang dirasakan oleh tubuh yaitu kerusakan otak, bermasalahnya pernapasan, kerusakan organ tubuh, kejang-kejang, bahkan koma dan kematian, sebab racun tersebut akan menumpuk di dalam tubuh yang akan membuat tubuh mengalami kerusakan.

Menghirup aroma bensin tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga pada hubungan sosial seseorang. Kecanduan menghirup aroma bensin menyebabkan tubuh lama memberikan respon terhadap interaksi, munculnya sikap agresif, paranoid, sehingga tidak mampu berinteraksi ataupun bekerja sama dengan baik. Karena interaksi tidak berjalan dengan baik, bisa jadi, menyebabkan kehilangan pekerjaan.

Lambatnya tubuh memberikan respon terjadi karena kerusakan saraf. Residu uap bensin yang terhirup akan menumpuk di tubuh yang merusak myelin (selubung tipis) yang meilindungi serabut saraf otak. Ini akan membuatmu mengalami kesulitan dalam mengingat dan berbicara. Apapun alasannya, jangan biarkan tubuh terlena dengan aroma yang menyenangkan tersebut sebab konsekuensi terhadap kesehatan sangat berbahaya.

Saat berada di pom bensin tetaplah waspada ya, Dears, dengan menggunakan masker, sehingga kecil kemungkinan untuk menghirup aroma bensin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *