Dears, Terapkan 4 Tips Ini Agar Tidurmu Nyenyak Meski Hidung Tersumbat

Dears, kamu tentu pernah mengalami flu yang menyebabkan hidungmu tersumbat, kemudian tidurmu pun menjadi tidak nyenyak. Hal ini tentu sangat mengganggu, karena dengan kurangnya istirahat maka justru akan memperburuk kesehatanmu.

Hidung tersumbat menjadi salah satu gejala flu yang sering dialami, dan biasanya meskipun sudah mengonsumsi obat, namun jika imunitas tubuh kamu tidak kuat maka flu pun akan kembali datang. Sebenarnya flu akan cepat hilang dengan istirahat yang cukup lho, Dears.

Nah untuk itu, di artikel kali ini akan mengulas mengenai 4 tips agar tidur tetap nyenyak meskipun hidung sedang tersumbat. Yuk, Dears, simak ulasannya berikut ini!

1. Minum Minuman Hangat

Pict by. today.line.me

Tahu enggak Dears, ternyata minuman hangat seperti teh, wedang jahe, dan susu hangat mampu mengusir hidung tersumbat lho. Hal ini karena minuman tersebut dapat membuat lendir yang mengendap di dalam hidung menjadi lebih encer, sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah dan hidung pun akan terasa lebih lega.

2. Menghirup Uap Panas

Pict by. utakatikotak.com

Selain minum minuman hangat, kamu juga dapat mengatasi hidung tersumbat dengan menghirup uap panas. Caranya mudah, kamu cukup sediakan air putih hangat kemudian campurkan minyak kayu putih ke dalamnya, setelah itu hirup uapnya dalam-dalam hingga hidung kamu terasa lebih lega.

Dengan menghirup uap panas, tubuhmu juga akan merasa rileks lho, Dears. Jadi, tidurmu pun akan lebih nyenyak.

3. Pijat Ringan Bagian Pangkal Hidung

Pict by. utakatikotak.com

Cara lain untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan memijat pangkal hidung secara perlahan. Caranya cukup mudah, pijat pangkal hidung bagian atas secara perlahan menggunakan jari jempol dan telunjuk dengan gerakan memutar. Cara ini akan membuat hidungmu yang tersumbat terasa lebih lega. Atau kamu juga dapat mencoba cara lain yaitu dengan menekan lidahmu ke langit-langit mulut selama sepuluh detik, maka hidung tersumbatmu akan lega seketika.

4. Konsumsi Bawang Putih

Pict. by Intisari Online – Grid.ID

Hidung tersumbat yang kamu alami juga dapat diatasi dengan memakan atau mengunyah langsung bawang putih lho, Dears. Bawang putih berperan sebagai anti-bakteri dan anti jamur yang berguna untuk memberantas bakteri penyebab hidung tersumbat.

Namun, jika kamu kurang suka dengan rasa dan aroma dari bawang putih mentah, kamu dapat mencoba bahan makanan lain yang rasanya pedas. Karena saat kepedasan, maka secara otomatis lendir yang berada di hidungmu akan mengalir keluar sehingga kamu pun terbebas dari hidung tersumbat.

Yuk, Dears, terapkan beberapa tips tersebut agar tidurmu tetap nyenyak meskipun sedang mengalami hidung tersumbat. Selamat mencoba.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *