Dears, Raih Keberkahan Hidupmu dengan Berbakti pada Orang Tua

Dears, siapakah manusia yang paling berjasa dalam hidup kita? Manusia tersebut tentulah orang tua kita. Jika seseorang melakukan kebaikan, tentu rasa terima kasih akan kita haturkan. Lalu bagaimana dengan kebaikan dan kasih sayang yang orang tua berikan? Seringkah kita berterima kasih kepada mereka?

Seiring kita bertambah dewasa, tentunya orang tua pun semakin renta. Tenaganya tak lagi prima. Kerut-kerut di wajah mulai tergurat nyata. Sudahkah kita membahagiakan mereka?

Rasullulah SAW pernah bersabda:

Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi)

Tentunya kita semua ingin masuk surga. Maka berbuat baiklah kepada mereka. Selain mendapat pahala, ternyata berbakti kepada orang tua juga membawa keberkahan dalam kehidupan. Hal itu dikarenakan rida Allah tergantung rida dari mereka.

Bagaimana bakti kita kepada orang tua? Sesungguhnya mereka tidak pernah mengharap balasan. Jika orang tua kekurangan, sebagai anak yang pengertian, maka sisihkan rezeki kita sebagian. Namun jika orang tua berkecukupan, tetap berikanlah perhatian. Sesekali berikanlah mereka bingkisan atau belikanlah makanan kesukaan. Luangkan waktu untuk melakukan kunjungan. Ajaklah mereka sesekali melihat indahnya alam. Sesungguhnya hanya perhatian yang sangat mereka inginkan.

Sejatinya mereka ingin kita dekat di sampingnya. Tapi terkadang takdir menuntun kita ke tempat yang jauh. Sering-seringlah menelpon mereka. Sekadar bertanya kabar, atau bercerita. Atau setidaknya jangan abaikan teleponnya, karena mereka akan merasa khawatir atau merasa sedikit terlupa. Hanya sapa sederhana telah membuat mereka merasa dicinta.

Lalu, bagaimana jika orang tua kita sudah meninggal dunia? Jangan khawatir, bukankah doa anak yang saleh adalah amal jariyah yang tidak akan pernah terputus pahalanya? Jadi, mari kita senantiasa mendoakan mereka, melunaskan hutang-hutangnya di dunia, berusaha menjalankan wasiatnya, menjaga silaturahmi dengan sanak saudara, dan menggunakan warisannya dengan bijaksana.

Nah, Dears, marilah kita membahagiakan orang tua. Di rida mereka ada rida Allah SWT. Dengan begitu, semoga keberkahan bisa kita raih. Permasalahan pasti selalu datang, namun dengan keberkahan, hidup senantiasa terasa tenang. Aamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *