Dears, Jauhkan Hal Berisiko Berikut Agar si Kecil Tak Terpapar Penyakit Paru-paru

Dears, di antara banyaknya benda di sekitar kita, ada beberapa yang patut diwaspadai, terutama untuk anak kecil. Adakalanya benda yang kita anggap tidak berbahaya dan lumrah digunakan ternyata berisiko besar terhadap si kecil, terutama bayi.

Benda yang dimaksud ini sangat mudah dijumpai, bahkan ada yang kerap digunakan oleh bayi juga. Orang tua tampaknya harus lebih waspada. Contoh umum benda yang sebaiknya dihindarkan dari balita ataupun anak-anak adalah benda tajam, benda yang mudah terbakar seperti korek api, benda-benda kecil, hingga obat-obatan.

Aneka benda tersebut sebaiknya dihindarkan dari anak-anak karena dapat disalahgunakan, akibat ketidaktahuan mereka akan fungsi utama dari benda tadi. Nah, selain benda tersebut, masih banyak lagi yang perlu diwaspadai para orang tua ketika mengasuh anak yang sudah mulai aktif mengenal berbagai macam benda.

Ada juga beberapa hal yang menurut kita aman dan tidak birisiko apapun terhadap bayi, justru dapat mengancam kesehatannya. Apa sajakah itu? Yuk, kamu wajib baca penjelasan di bawah ini!

 

Bedak Tabur Bayi

Foto: id.pinterest.com

 

Pernahkah kamu berpikir jika bedak tabur yang sering digunakan pada anak, terutama bayi, berisiko menimbulkan penyakit? Perlu kamu ketahui, bedak tabur yang kita gunakan untuk mempercantik dan mengharumkan si kecil justru dapat menimbulkan masalah pada paru-paru. Hal itu karena partikel kecil pada bedak, tanpa kita sadari, bertaburan dan terhirup oleh si kecil.

Bahayanya mungkin tidak akan timbul secepat yang kita bayangkan. Tapi dengan penggunaan yang terus menerus dan porsi yang banyak, terjadi akumulasi partikel bedak tersebut dan berbahaya bagi paru-paru si kecil yang masih sensitif. Ke depannya mungkin saja berdampak pada penyakit lain yang lebih parah seperti asma, sesak napas dan lain sebagainya.

Jika bertujuan untuk mengharumkan si kecil, cukup dengan mengoleskan minyak telon ke tubuh si kecil dirasa sudah cukup. Dibanding kita menggunakan bedak tabur yang nantinya beresiko terhadap kesehatan si kecil.

 

Asap Rokok

Foto: id.pinterest.com

 

Asap rokok merupakan polusi udara yang sering kita jumpai dimana pun dan kapan pun. Dampak dari asap rokok pun juga tak main-main, karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Terlebih lagi anak atau balita, mereka memiliki imunitas rendah, sehingga berisiko lebih besar terserang penyakit dibanding orang dewasa.

Keberadaan asap rokok di lingkungan masyarakat yang banyak anak-anak atau pun balitanya perlu kita waspadai bersama. Balita dan anak-anak sangat disarankan untuk menjauh dari lingkungan tersebut, karena dikhawatirkan terpapar penyakit paru-paru hingga dapat menimbulkan kondisi kematian di usia dini.

Kematian pada anak usia dini yang disebabkan oleh asap rokok memang tidak selalu terjadi. Namun, tak ada salahnya orang tua lebih waspada. Pernah ada berita yang beredar di media sosial tentang bayi yang usianya belum genap 6 bulan meninggal karena paparan asap rokok. Asap rokok ini diduga berasal dari orang disekitarnya saat hajatan akikah bayi tersebut. Awalnya, bayi mengalami sesak napas. Ternyata setelah diperiksa ke dokter baru terdeteksi jika bayi tersebut mengalami masalah paru-paru akut. Sayangnya, kondisinya semakin memburuk hingga mengakibatkan bayi tersebut meninggal dunia.

Dears, alangkah baiknya jika kita sebagai orang tua lebih perhatian kepada kesehatan si kecil. Jauhkan segala benda ataupun hal yang membahayakan dari mereka agar nantinya tak ada penyesalan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *